Round-Up

Terbongkar Aksi Tipu-tipu Penjual Tabung Oksigen dari APAR

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 31 Jul 2021 07:33 WIB
Polda Metro bongkar modifikasi ratusan tabung oksigen dari tabung APAR (Yogi/detikcom)
Foto: Polda Metro bongkar modifikasi ratusan tabung oksigen dari tabung APAR (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Di tengah kelangkaan tabung oksigen di masa pandemi COVID-19, ada saja oknum yang memanfaatkan situasi. Salah satunya dengan menjual tabung oksigen yang dimodifikasi dari alat pemadam api ringan (APAR).

Seperti yang diungkap Polda Metro Jaya, tersangka berinisial WS alias KL menjual tabung oksigen hasil modifikasi dari APAR melalui media sosial, Pengungkapan kasus ini berawal dari patroli siber di media sosial. Dalam patroli di dunia maya ini polisi menemukan adanya akun Facebook 'Erwan O2' yang menjual tabung oksigen dengan harga tinggi.

"Tabung ini tabung APAR yang biasanya diisi CO2. Tapi, dengan upaya tersangka ini untuk mencari keuntungan, mengubah tabung ini kemudian diisi dengan oksigen," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (30/7/2021).

WS alias KL ditangkap polisi pada Selasa (27/7) di rumahnya di daerah Tangerang. Dalam penangkapan itu, polisi juga menyita 114 tabung oksigen hasil modifikasi dan APAR.

Modus Operandi

Tersangka menyulap tabung APAR menjadi tabung oksigen. Tabung APAR dicuci kemudian dicat putih sehingga mirip dengan tabung oksigen.

Dia bersihkan dengan air saja, kemudian dia cat dengan warna putih, seperti ini catnya. Dia buat mirip dengan tabung oksigen," kata Yusri.

Sudah Terjual 20 Tabung

Tersangka sudah satu bulan menjual tabung oksigen palsu ini. Selama satu bulan itu sudah ada 20 tabung yang terjual ke masyarakat.

"Keterangan awal kami masih dalami lagi, ini pengakuan baru 20 (tabung dijual)," imbuhnya.

Halaman selanjutnya, tersangka menjual tabung oksigen modifikasi itu dengan harga tinggi

Lihat Video: Waspada! Modus Tabung Oksigen Palsu, Polisi Minta Masyarakat Lapor

[Gambas:Video 20detik]