Kata Jokowi Lockdown Tak Selesaikan Masalah, Negara-negara Ini Contohnya

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 13:51 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan lockdown bukanlah solusi untuk mengatasi pandemi COVID-19. Berikut adalah negara-negara yang tetap mengalami lonjakan jumlah kasus virus Corona atau mengalami masalah meski menerapkan lockdown.

"Kalau lockdown, kita bisa bayangkan dan itu belum juga bisa menjamin dengan lockdown itu permasalahan menjadi selesai," kata Jokowi sebagaimana disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021).

Lockdown adalah istilah populer untuk menyebut penutupan suatu wilayah dan pembatasan aktivitas di dalamnya. Istilah lockdown setara dengan 'karantina wilayah' di Indonesia, tindakan menutup kawasan namun disertai jaminan pemenuhan kebutuhan hidup bagi warga yang wilayahnya dikarantina.

Berikut adalah negara-negara yang menerapkan lockdown tapi tetap saja mengalami lonjakan jumlah kasus COVID-19 di era varian Delta ini.

Vietnam: dulu lockdown duluan tapi kena lonjakan juga

Tahun lalu, Vietnam menerapkan lockdown pada 1 April 2020. Pada 30 Maret, penerbangan domestik juga dilarang kecuali Hanoi ke Ho Chi Minh dan Hanoi ke Da Nang dan Phu Quoc. Penerbangan dari luar negeri ditutup. Visa pelancong dihentikan. Sebelumnya, yakni 12 Februari, Vietnam me-lockdown Hanoi selama tiga pekan. Pelacakan kontak erat dilakukan.

Ancaman denda dan pidana diberlakukan bagi yang tak memakai masker, yakni denda 300 ribu dong atau Rp 200 ribu. Pelanggar protokol karantina didenda Rp 10 juta dong atau Rp 7 juta pada saat itu. Tempat makan yang melanggar kena denda maksimal Rp 20 juta dong atau sekitar Rp 14 juta saat itu.

Vietnam menuai pujian global karena dinilai berhasil menjaga negaranya dari COVID-19. Dilansir AFP, Vietnam ternyata mengalami lonjakan virus Corona lagi pada 25 Juli 2020, atau 100 hari sejak lockdown. Saat itu, Kota Da Nang sudah dibuka dari lockdown, wisatawan lokal sudah ada di pantai-pantai Da Nang.

April 2021, Vietnam menghadapi kenaikan kurva Corona lagi. Hanoi (Ibu Kota Vietnam) lockdown lagi pada 23 Juli 2021. Soalnya, mereka menghadapi lonjakan COVID-19 sekitar 7.000 kasus baru. Diperkirakan, ada 100 juta warga Vietnam yang kena lockdown.