Pembunuh Istri Eks Sekda Pematangsiantar Divonis 18 Tahun Penjara

Andi Saputra - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 09:35 WIB
Ilustrasi Palu Hakim
Ilustrasi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut), menjatuhkan vonis 18 tahun penjara kepada Rohayani Purba alias Hany alias Gea (33). Gea terbukti melakukan tindak pidana pembunuhan terhadap Riamsa boru Nainggolan (73), istri alm Tagor Batubara, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar.

"Menyatakan Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan pembunuhan disertai dengan tindak pidana pencurian sebagaimana diatur Pasal 339 KUH Pidana. Menjatuhkan pidana penjara kepada Terdakwa selama 18 (delapan belas) tahun," kata ketua majelis Derman P Nababan, yang dilansir oleh pejabat Humas PN Pematang Siantar Rahmat HA Hasibuan kepada wartawan, Kamis (29/7/2021).

Vonis tersebut dibacakan secara teleconference dengan hakim anggota Katharina M Siagian dan Rahmat HA. Hasibuan di ruang sidang kartika PN Pematangsiantar pada Rabu (28/7). Dalam pertimbangan hukumnya, majelis berpendapat, terdapat keadaan yang memberatkan Terdakwa, yaitu perbuatan tersebut dilakukan terhadap seorang perempuan yang tidak berdaya karena sudah berusia lanjut. Perbuatan tersebut juga dilakukan Terdakwa terhadap ibu kos Terdakwa sendiri, seharusnya menjaga hubungan baik dengan korban.

"Selain itu, Terdakwa setelah melakukan perbuatannya masih berusaha menutupi perbuatannya dengan berpura-pura mendatangi rumah korban, mempertanyakan keberadaan korban kepada anak korban yang sedang panik karena belum menemukan korban, lalu membayar uang kos kepada menantu korban menggunakan uang dari hasil kejahatannya; Sedangkan hal yang meringankan, Terdakwa sopan dan belum pernah dihukum," ujarnya.

Mendengar putusan itu, Terdakwa tertunduk lesu. Terdakwa beberapa saat tidak menjawab pertanyaan ketua majelis yang juga Ketua PN Pematangsiantar itu.

"Saudara punya hak, menerima, mengajukan upaya hukum banding, atau pikir-pikir atas putusan tersebut. Bagaimana sikap Saudara?" tanya Derman.

Terdakwa yang didampingi penasihat hukumnya dari LBH USI/Posbakum pada Pengadilan Negeri Pematangsiantar terdiam beberapa saat, dengan tertunduk mengatakan. "Saya pikir-pikir, Yang Mulia," katanya.

Pembunuh istri eks Sekda PematangsiantarGea (33) Foto: dok. Istimewa

Kasus bermula saat korban Riamsa boru Nainggolan datang ke rumah kos miliknya di Siantar Timur, Kota Pematangsiantar, mencari terdakwa untuk menagih uang kos kepada terdakwa. Karena tidak bertemu, korban Riamsa boru Nainggolan mengambil pakaian milik terdakwa sebagai jaminan.

Merasa kesal, Gea mendatangi rumah tinggal korban Riamsa di Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, untuk meminta pakaiannya dari korban. Melihat kedatangan terdakwa, korban Riamsa, yang tinggal seorang diri di rumah tersebut, menyuruh terdakwa melunasi uang kos yang belum ia bayar.

Tonton juga Video: Terungkap! Pelaku Pembunuh Lansia di Jaksel Ternyata Suami Sendiri

[Gambas:Video 20detik]