Data Pribadi Disebar Pinjol-Difitnah sebagai Buron, Saya Harus Gimana?

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 09:20 WIB
pinjam online
Ilustrasi pinjaman online (Fauzan Kamil/Infografis detikcom)

Dengan melaporkan ke polisi, tindakan yang dilakukan oleh fintech lending dapat dikenai Pasal 29 juncto Pasal 45B, Pasal 30 juncto Pasal 46 dan/atau Pasal 32 juncto Pasal 48 Udang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 378, 368 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Apabila Anda telah melaporkan ke Otoritas Jasa Keuangan dan Cyber Crime namun belum mendapatkan jawaban, sebaiknya segera menindaklanjuti atau berkoordinasi dengan pihak terkait sebagaimana yang disebutkan sebelumnya secara langsung agar laporan Anda diproses.

Terima kasih

Pandapotan Pintubatu, SH.
Advokat, tinggal di Jakarta

Tentang detik's Advocate:

detik's Advocate adalah rubrik baru di detikcom berupa tanya-jawab dan konsultasi hukum dari pembaca detikcom. Semua pertanyaan akan dijawab dan dikupas tuntas oleh para pakar di bidangnya dan akan ditayangkan di detikcom, baik dalam bentuk artikel ataupun visual.

Pembaca boleh bertanya semua hal tentang hukum, baik masalah pidana, perdata, keluarga, hubungan dengan kekasih, UU Informasi dan Teknologi Elektronik (ITE), hukum merekam hubungan badan (UU Pornografi), hukum waris, perlindungan konsumen dan lain-lain.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.

Pertanyaan dan masalah hukum/pertanyaan seputar hukum di atas, bisa dikirim ke kami ya di email:
redaksi@detik.com dan di-cc ke-email: andi.saputra@detik.com

Semua jawaban di rubrik ini bersifat informatif belaka dan bukan bagian dari legal opinion yang bisa dijadikan alat bukti di pengadilan serta tidak bisa digugat.

Salam
Tim Pengasuh detik's Advocate


(asp/haf)