Darurat COVID, PKB Klaten Bagikan Sembako-Vitamin untuk Warga Isoman

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 18:04 WIB
Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Klaten, Bambang Susanto
Ketua DPC PKB Klaten, Bambang Susanto (Foto: Dok. PKB)
Jakarta -

Kasus COVID-19 di Klaten hingga Rabu (21/7) lalu telah menembus angka 25.472 kasus. Tercatat sebanyak 4.721 orang menjalani isolasi mandiri (isoman), 19.098 orang dinyatakan sembuh, dan 1.653 orang di antaranya meninggal dunia.

Kondisi ini membuat Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Klaten, Bambang Susanto ikut tergerak. Bambang mengajak seluruh pihak agar disiplin terhadap protokol kesehatan (prokes) supaya kasus Corona di Klaten bisa diantisipasi.

"Tentu saja kita prihatin, PKB juga menerapkan status siaga terhadap tingginya kasus COVID-19 di Klaten. Saya mengimbau masyarakat untuk melakukan langkah-langkah disiplin pada protokol kesehatan. Nampaknya memang kesadaran masyarakat perlu diedukasi lagi," kata Bambang dalam keterangan tertulis, Kamis (22/7/2021).

Diungkapkan Bambang, pihaknya juga menggandeng sejumlah organisasi masyarakat dalam rangka memberikan edukasi sekaligus menyalurkan bantuan berupa paket sembako dan vitamin bagi masyarakat. Utamanya warga yang tengah menjalani isoman.

"Jadi kami ada program Aksi Melayani Isoman (AMI). Secara door to door kami membagikan 200 paket untuk warga isoman di Klaten, merata di seluruh wilayah di Klaten. Isinya sembako dan vitamin. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ya, setiap pengurus dan kader yang menyalurkan bantuan tidak kontak dengan pasien," terangnya.

Tak hanya bagi warga Isoman, menurutnya, PKB juga menyalurkan bantuan biskuit untuk balita, serta makanan pendamping ASI (MPASI), bekerja sama dengan PC Muslimat NU, Fatayat NU, Persatuan Guru NU, Lembaga Kesehatan NU, Ikatan Guru TK Muslimat, serta Perempuan Bangsa Klaten.

"Kami juga memperkuat imun masyarakat dengan membagikan biskuit untuk bayi dan ibu hamil di komponen-komponen NU. Masing-masing didistribusikan 25 kardus biskuit dan 25 kardus MPASI," tandasnya.

Di samping itu, lanjut Bambang, PKB Klaten pun menyediakan mobil ambulans yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. "Kantor DPC PKB Klaten juga kami jadikan sebagai posko Aksi Melayani Isoman. Kami juga sebar flyer yang berisi informasi tentang pengisian tabung gas oksigen di wilayah Klaten," paparnya.

Wabendum DPP PKB ini menambahkan, seluruh rangkaian kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Lahir Partai Kebangkitan Bangsa ke-23 yang jatuh pada 23 Juli 2021 besok. "Kegiatan ini adalah instruksi pak Ketum DPP PKB, Gus Muhaimin dan juga arahan Ketua DPW PKB Jateng, Gus Yusuf (Chudlori). Puncaknya nanti kami akan mengikuti peringatan Harlah ke-23 secara virtual besok," tuturnya.

Terkait dengan tingginya kasus COVID-19 di Klaten, Bambang mengimbau semua pihak untuk turut serta mengedukasi masyarakat akan bahaya virus asal Wuhan, China itu. PKB, kata Bambang, terus berupaya menggerakkan tokoh-tokoh masyarakat untuk mengoptimalkan edukasi tersebut.

"Kita juga menggerakkan kiai-kiai kampung, ulama, untuk selalu mengingatkan jemaahnya sekaligus mengedukasi tentang bahaya COVID," tukas Bambang.

(akn/ega)