Jejak Mesra Amien Rais dan Habib Rizieq yang Kini Memanas

Tim detikcom - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 14:13 WIB
Jakarta -

Hubungan Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais dan kubu Habib Rizieq Shihab (HRS) meruncing. Pangkal permasalahannya adalah pernyataan Amien Rais soal kasus 'Km 50' yang dianggap blunder dan menguntungkan pihak lawan.

Dihimpun detikcom, Senin (19/7/2021), jejak hubungan Amien Rais dengan kelompok Habib Rizieq sebenarnya terbilang mesra. Amien Rais kerap menghadiri demo berjilid-jilid yang digelar oleh kubu Habib Rizieq.

Selain itu, Amien Rais dan kubu Habib Rizieq berada di lingkaran yang sama saat mendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno pada Pilpres 2019. Saat Habib Rizieq tiba di Indonesia, Amien Rais pun langsung menyambangi kediamannya.

Namun hubungan hangat Amien Rais dan kelompok Habib Rizieq itu seolah memudar belakangan ini. Tim pengacara Habib Rizieq menyampaikan ketidaksetujuannya atas pernyataan Amien Rais yang dinilai terlalu prematur.

Berikut jejak hubungan Amien Rais dan Habib Rizieq:

Amien Rais Sambangi Rizieq Usai Tiba di RI

Hubungan Amien Rais dan Habib Rizieq relatif cukup lama. Namun agar tidak terlalu jauh, jejak hubungan keduanya akan diulas sejak Habib Rizieq kembali ke Indonesia.

Saat itu sejumlah tokoh berdatangan ke Petamburan. Salah seorang di antaranya adalah Amien Rais.

Amien tiba di kawasan kediaman Habib Rizieq, Rabu (11/11/2020). Amien tampak mengenakan batik bercorak putih. Tanpa berbicara sepatah kata pun, Amien langsung berjalan kaki masuk ke rumah Habib Rizieq.

Marwan Batubara membocorkan isi pembicaraan Amien Rais dan Habib Rizieq.

"Iya kita sengaja minta waktu, minta waktu khusus Pak Amien (untuk bertemu dan) menyampaikan selamat datang ke Pak Habib (Rizieq). (Maksud kunjungan adalah) menyambut kedatangan, kita mengucapkan syukur, juga berharap beliau tetap menyuarakan kebenaran. Seperti itulah," kata Marwan di Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Marwan menjelaskan tidak ada pembicaraan khusus antara Amien Rais dan Rizieq. Menurut dia, Amien datang ke Petamburan hanya untuk menyambut Rizieq.

"Sama saja, kita namanya yang datang bertamu, ini lebih banyak ucapkan selamat datang," jelasnya.

Amien Rais Kritik Pembubaran FPI

Saat pemerintah melarang FPI, Amien Rais merupakan tokoh yang vokal menyampaikan kritik. Amien menyebut keputusan pemerintah itu telah menghabisi demokrasi Indonesia.

"Nah 30 Desember kemarin ada peristiwa yang lebih dahsyat lagi yaitu FPI dibubarkan dengan SKB 3 menteri dan badan-badan tinggi lainnya. Jadi yang tandatangan surat keputusan bersama itu adalah menteri dalam negeri, menteri komunikasi dan informatika, menteri hukum dan HAM, kemudian yang lainnya adalah Kapolri, jaksa agung dan kepala badan nasional penanggulangan terorisme. Jadi saudaraku-saudaraku saya melihat ini sebuah langkah politik yang memang menurut saya itu menghabisi demokrasi kita," kata Amien Rais dalam akun YouTube Amien Rais Official, Kamis (31/12).

Amien Rais Jamin Penangguhan HRS

Amien Rais juga membela Habib Rizieq saat eks pentolan FPI itu ditahan. Amien Rais menyambangi Bareskrim Polri guna menyerahkan surat untuk Kapolri Jenderal Idham Azis yang berisi pernyataan siap untuk menjadi penjamin penangguhan penahanan Habib Rizieq Shihab (HRS).

Pantauan detikcom di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (17/12/2020), Amien Rais keluar dari lobi Bareskrim Polri bersama deklarator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Marwan Batubara pukul 11.40 WIB. Pendiri Partai Ummat itu menyampaikan dirinya dan Marwan diterima oleh staf Humas Polri.

"Jadi alhamdulillah kami ingin ketemu Kapolri, tapi beliau ada di luar kantor. Kami pokoknya ingin ketemu siapa pun wakilnya, kemudian dibawa ke Divisi Humas, Kepala Divisi Humas pun tadi sedang pergi, jadi tadi kami diterima di stafnya. Yang akan kita sampaikan tuh apa, silakan dibaca," kata Amien Rais.