Kamar Isolasi Pasien Corona di Graha TMII Penuh Selama Seminggu Berturut

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 02 Jul 2021 19:16 WIB
Kasus COVID-19 di Jakarta meningkat pascalebaran. Ketersediaan tempat isolasi pasien COVID-19 di Graha Wisata TMII pun kian menipis.
Tempat Isolasi Graha Wisata TMII (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pengelola Graha TMII mengungkap kamar isolasi terkendali selalu penuh dengan pasien COVID-19 selama sepekan terakhir. Padahal wisma ini baru dibuka kurang dari 3 pekan lalu.

"Jadi seminggu ini kurang lebih penuh terus," kata Kepala Unit Graha Wisata TMII Yayang Kustiawan saat dihubungi, Jumat (2/7/2021).

Yayang mengatakan wisma ini mulai menampung pasien COVID-19 tak bergejala sejak 14 Juni 2021. Kamar yang disediakan pun variatif sesuai dengan ukuran kamar.

"Untuk satu kamar kita tergantung, ada yang satu, ada yang berdua, ada yang bertiga, ada yang berenam. Kalau yang berenam ukuran kamarnya lebih besar. Dia dikhususkan untuk yang keluarga. Yang tiga kamar juga khusus keluarga. Yang satu dan dua kapasitasnya untuk individu," jelasnya.

Dia melaporkan, saat ini sebanyak 89 orang masih menjalani isolasi terpusat di lokasi ini. Mayoritas warga Jakarta Timur.

"Sampai saat ini seluruh warga DKI ada, namun kebetulan mayoritas dari Jakarta Timur, yang paling banyak Ciracas dan Cipayung," ucapnya.

Yayan mengatakan pihaknya menerima pasien berdasarkan hasil rujukan dari puskesmas di Jakarta. Dia memastikan hanya pasien tak bergejala yang dibawa ke Graha TMII.

"Kalau pasien tidak bergejala, dia bisa dimasukkan untuk di isolasi di Graha Wisata TMII. Namun, kalau hasilnya dia bergejala, dia dirujuk ke Wisma Atlet atau RS yang memiliki sarana dan prasarana yang memadai dan petugas siap siaga 24 jam," jelasnya.

(idn/idn)