Disomasi soal Podcast 'Orang Gila Bebas COVID', Deddy Corbuzier: It's OK

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 30 Jun 2021 16:55 WIB
Deddy Corbuzier
Deddy Corbuzier (Hanif/detikHOT)
Jakarta -

Persatuan Jiwa Sehat (PJS) dkk melayangkan somasi kepada Deddy Corbuzier karena keberatan dengan podcast berjudul 'ORANG GILA BEBAS COVID'. Deddy Corbuzier mengatakan dirinya akan membaca isi somasi itu.

"Iya it's okay. Saya nanti tunggu baca somasinya dulu biar jelas karena kan belum dikirimkan," kata Deddy saat dihubungi, Rabu (30/6/2021).

PJS dan sejumlah organisasi penyandang disabilitas sebelumnya melayangkan somasi kepada Deddy Corbuzier dan komika Mongol Stres atas podcast 'ORANG GILA BEBAS COVID' di akun YouTube Deddy Corbuzier. Mereka menyoroti sebutan 'orang gila' dalam podcast Deddy Corbuzier itu.

"Sebutan 'orang gila' sudah tidak pantas digunakan untuk orang yang memiliki masalah kejiwaan. Penyebutan yang etis dan bermartabat adalah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ)/penyandang disabilitas mental (PDM)," demikian pernyataan PJS dkk dalam tayangan YouTube PJS, Rabu (30/6/2021).

PJS dkk juga menegaskan bahwa ODGJ tidak berhubungan dengan kekebalan terhadap COVID-19. ODGJ sulit terpapar COVID-19, kata PJS, adalah pernyataan yang tidak benar.

"ODGJ/PDM tidak ada hubungannya dengan kekebalan terhadap COVID-19. Menganggap ODGJ/PDM sulit terpapar COVID-19 merupakan kesesatan ilmu pengetahuan dan logika berpikir karena telah memberikan informasi, data, dan fakta yang menyesatkan," katanya.

"ODGJ/PDM sama dengan orang-orang pada umumnya, dengan demikian sama rentannya untuk terkena COVID-19 sewaktu-waktu. ODGJ/PDM juga sangat membutuhkan vaksin COVID-19 dan akses medis lainnya untuk pencegahan serta penyembuhan terkait dengan COVID-19," lanjutnya.

Oleh sebab itu, PJS dkk melayangkan somasi kepada Deddy Corbuzier dan Mongol. Mereka juga meminta agar podcast Deddy Corbuzier mengenai ODJG itu ditarik.

"Kami Perhimpunan Jiwa Sehat dan organisasi masyarakat sipil yang tertulis di bawah ini menyomasi Deddy Corbuzier dan Mongol agar dalam waktu 6x24 jam sejak somasi ini disampaikan melakukan tindakan-tindakan sebagai berikut," kata mereka.

"Satu, menarik unggahan berjudul 'ORANG GILA BEBAS COVID' dari kanal YouTube Deddy Corbuzier dan media lainnya di media sosialnya," lanjutnya.

Lihat juga Video: Gegara Catur, YouTube Deddy Corbuzier Pecahkan Rekor Penonton Live

[Gambas:Video 20detik]