Round-Up

Rahasia Ratusan Orang dengan Gangguan Jiwa Sembuh Corona

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 20:35 WIB
Ilustrasi lawan corona.
Ilustrasi Lawan Corona (Dok. detikcom)
Jakarta -

Ratusan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang terjangkit virus Corona (COVID-19) di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Sulawesi Selatan sembuh. Apa rahasianya?

Ada 170 ODGJ di RSKD Dadi, yang merupakan milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Pasien ODGJ itu dinilai bisa sembuh dari COVID-19 karena tidak ada beban psikologis.

Direktur RSKD Sulsel dr Arman Bausat mengungkapkan, sebelumnya, total ada 400 pasien ODGJ di RSKD Dadi dan 170 di antaranya terserang COVID-19 sejak Januari 2021. Ratusan pasien ODGJ itu kemudian sudah sembuh dalam sebulan terakhir.

"(Sebanyak) 170 pasien itu hampir 98 persen semuanya sembuh dengan baik, 98 persen juga mereka tanpa gejala," ujar dr Arman saat dimintai konfirmasi, Rabu (23/6/2021).

Tidak Stres

Arman mengatakan, berdasarkan hasil pengamatan pihak rumah sakit, kesembuhan pasien ODGJ dari COVID-19 bisa jadi karena faktor tak adanya beban psikologis dari mereka.

"Kesimpulannya mungkin karena dia tidak stres pikirkan penyakitnya. Dia tidak tahu ini COVID berbahaya, tidak sama kita orang sehat yang kena COVID, stres dan depresi," katanya.

Selain itu, kata Arman, pasien ODGJ telah terbiasa diisolasi. Sedangkan orang sehat atau non-ODGJ tidak terbiasa dengan isolasi.

"Kalau mereka sudah terbiasa isolasi di ruang perawatan. Pengamatan sementara, ternyata faktor stres menentukan gejala COVID," papar Arman.

Arman juga mengatakan kondisi pasien ODGJ saat menjalani isolasi COVID tidak disertai komplikasi penyakit berat. Hal ini berbeda dengan pasien biasa.

"Yang jelas dia sembuh tanpa komplikasi berat. (Kalau pasien biasa) kan sampai sesak napas, masuk ICU, sampai diinkubasi dan sampai ada yang meninggal," katanya.

Lihat Video: Ini Yang Dialami Pasien Usai Sembuh dari COVID-19

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2