Polisi Ungkap Pelaku Tembak Pelajar di Taman Sari Saat Pesta Ulang Tahun

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 15:24 WIB
Tersangka penembakan pelajar di Taman Sari, Jakarta Barat (Karin/detikcom)
Tersangka penembakan pelajar di Taman Sari, Jakarta Barat. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Seorang pelajar berinisial MIS (18) menjadi korban penembakan oleh JP (45) di Taman Sari, Jakarta Barat. Pelajar tersebut menjadi korban penembakan oleh JP yang tengah dalam kondisi mabuk.

Peristiwa penembakan itu terjadi pada Selasa (22/6) sekitar pukul 01.00 WIB. Pada saat itu, JP bersama teman-temannya sedang berkumpul di salah satu kontrakan untuk merayakan ulang tahun.

"Mereka merayakan salah satu rekannya yang berulang tahun. Mereka kumpul dalam berkumpul itu mereka minum-minuman keras sehingga buat sedikit keributan di lokasi tersebut," ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo dalam konferensi pers, Kamis (24/6/2021).

Keributan tersebut membuat sebagian warga yang tinggal di sana merasa tidak nyaman. Karena itu, banyak warga yang menegur mereka agar segera menghentikan kegiatannya.

Kemudian, para pelaku merasa tidak terima ditegur oleh warga. Mereka malah mencoba memberikan perlawanan kepada warga yang ingin menghentikan mereka.

"Kemudian salah satu tersangka JP menembakkan senjata ke atas. Karena cukup banyak masyarakat yang mendekati, dia tembak 1 kali ke atas dan 3 rekannya yang lain acungkan senjata tajam atau parang," jelasnya.

Selanjutnya, para pelaku didorong oleh warga sekitar agar segera menuju kendaraan masing-masing. Menurut Ady, pada saat JP masuk ke dalam kendaraan, dia juga menembakkan satu kali lagi yang mengarah lurus yang mengakibatkan MIS terluka.

"Saat para pelaku masuk ke kendaraan menurut saksi di lapangan yang kami periksa pelaku keluarkan tembakan 1 kali bukan ke atas, tapi mengarah lurus. Akhirnya sebabkan salah satu orang tertembak di bagian ketiak," ungkap Ady.

Saat ini, MIS, yang menjadi korban penembakan, masih dalam perawatan intensif di RSCM. Kondisi korban kini berangsur membaik setelah mendapat perawatan.

"Peluru tidak bersarang di badannya tapi masih dapat perawatan dan informasi terakhir kondisi semakin membaik," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, polisi menangkap JP, pelaku utama penembakan pelajar di Taman Sari, Jakarta Barat. Kini JP telah ditetapkan sebagai tersangka bersama tiga orang lainnya.

"JP yang nembak, pimpinannya si JP. Iya benar, dia otaknya. Pimpinan genglah, ya," ujar Kapolsek Taman Sari AKBP Iver Soon Manosoh kepada wartawan, Kamis (24/6).

Simak Video: Penembak Pelajar di Taman Sari Jakbar Diciduk, 10 Orang Diamankan!

[Gambas:Video 20detik]