Polisi Ungkap Peran 4 Tersangka Penembakan Pelajar di Taman Sari

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 13:08 WIB
Jakarta -

Polisi telah menetapkan empat tersangka penembakan pelajar di Taman Sari, Jakarta Barat, yang salah satunya JP (45) sebagai otak penembakan. Selain itu, polisi mengungkap peran tiga tersangka lainnya.

"JP yang nembak, pimpinannya si JP. Iya benar, dia otaknya. Pimpinan genglah, ya," ujar Kapolsek Taman Sari AKBP Iver Soon Manosoh kepada wartawan, Kamis (24/6/2021).

Terkait tiga tersangka lainnya, yaitu HS (41), DT (35), dan FW (25), mereka disebut ditetapkan sebagai tersangka karena kepemilikan senjata tajam. Selain itu, dari hasil penyelidikan, saat penembakan, mereka mengaku mengayunkan senjata tajam ke korban.

"Mereka bergerak sambil ngayunin parang karena masyarakat banyak yang berkerumun sambil mereka mendekati kendaraan. Jadi yang apa hasil penyelidikan terakhir itulah mereka kemudian ada tiga yang aktif ngayun-ngayun (senjata tajam)," kata Iver.

Iver menyebut keempat tersangka ini telah ditetapkan sebagai tersangka sejak Rabu (23/6). Hingga saat ini, enam pelaku lainnya yang telah diamankan pihak kepolisian masih dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Atas perbuatannya, keempat tersangka tersebut dikenai pasal berlapis, yaitu UU Darurat No 12 Tahun 1951 dan UU tentang Perlindungan Anak No 23 Tahun 2002. Selanjutnya dikenai Pasal 338 juncto Pasal 53 KUHP dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

Pelajar Ditembak Gegara Tegur Pelaku Minum Miras

Diketahui, seorang pelajar berinisial MIS ditembak oleh orang tak dikenal di Taman Sari. Kejadian itu bermula saat MIS menegur pelaku yang tengah meneguk miras di depan rumah temannya.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 01.00 WIB pada Selasa (22/6). MIS mengalami luka tembakan di bagian ketiak kiri dan tangan sebelah kiri. Saat ini korban masih dalam kondisi kritis.

Tak lama kemudian, polisi pun menangkap JP dan sembilan orang lainnya. JP merupakan pelaku utama penembakan, sementara sembilan rekannya diduga terlibat penembakan itu.

"Benar (ditangkap), yang kita amankan 10 orang, 8 laki-laki dan 2 perempuan," ujar Kanit Reskrim Polsek Taman Sari AKP Lalu Musti Ali saat dimintai konfirmasi, Rabu (23/6/2021).

(isa/isa)