Penembak Pelajar di Taman Sari Debt Collector, Selalu Bawa Senjata

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 18:32 WIB
Jakarta -

Polisi menangkap JP, pelaku utama penembakan pelajar di Taman Sari, Jakarta Barat. Polisi menyebut JP berprofesi sebagai debt collector.

"Kalau kita tanya pekerjaannya memang debt collector ya," ujar Kanit Reskrim Polsek Taman Sari AKP Lalu Musti Ali saat dimintai konfirmasi, Rabu (23/6/2021).

Lalu mengatakan, 7 dari 9 orang yang ikut ditangkap karena diduga terlibat penembakan juga berprofesi sebagai debt collector. "Semua (debt collector), kecuali istri-istrinya itu yang 2 orang," katanya.

Lalu mengatakan pelaku diketahui selalu membawa senjata ke mana pun. Pelaku, lanjutnya, menyimpan senjata di dalam kendaraannya.

"Iya memang mereka kesehariannya bawa senjata," kata Lalu.

Lalu mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku mendapatkan senjata dari rekannya di Ambon.

"Dia dari temannya di Ambon. Waktu mereka masih di Ambon bawa dari sana," ungkap Lalu.

Hingga kini, polisi masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada 10 orang yang ditangkap. Polisi masih belum menetapkan siapa saja tersangka dari kasus penembakan tersebut.

Diberitakan sebelumnya, seorang pelajar berinisial MIS ditembak oleh orang tak dikenal. Kejadian itu bermula saat MIS menegur pelaku yang tengah meneguk miras di depan rumah temannya.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 01.00 WIB pada Selasa (22/6). MIS mengalami luka tembakan di bagian ketiak kiri dan tangan sebelah kiri. Saat ini korban masih dalam kondisi kritis.

Tak lama kemudian, polisi pun menangkap JP dan 9 orang lainnya. JP merupakan pelaku utama penembakan, sementara 9 rekannya diduga terlibat penembakan itu.

"Benar (ditangkap), yang kita amankan 10 orang, 8 laki-laki dan 2 perempuan," ujar Kanit Reskrim Polsek Taman Sari AKP Lalu Musti Ali saat dimintai konfirmasi, Rabu (23/6/2021).

Hingga saat ini, 10 orang tersebut masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk diketahui peran masing-masing.

(mae/mae)