Bobby Ungkap BOR di Medan Tinggi karena Rujukan Pasien Corona Daerah Lain

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 18:57 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution.
Wali Kota Medan Bobby Nasution (Datuk Haris Molana/detikcom)
Jakarta -

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan bed occupancy rate atau BOR di Medan menjelang Lebaran lalu sempat mencapai angka 75 persen lantaran adanya pasien Corona dari luar daerah. Bobby menyebut BOR rumah sakit di Medan saat ini turun menjadi 46,61 persen.

"Kondisi kita hari ini BOR Kota Medan untuk ICU itu memang masih tinggi, masih ada 46,61 persen, tapi bisa kami katakan ini turun dari satu bulan yang lalu, itu sempat mencapai 75 persen. Apalagi pada saat menjelang Lebaran, bulan puasa kemarin itu sebenarnya sangat tinggi," kata Bobby dalam dialog di kanal YouTube Kemkominfo TV, Rabu (23/6/2021).

Bobby menjelaskan salah satu faktor BOR di Medan tinggi saat itu. Tingginya angka keterisian ruang perawatan pasien Corona di Medan karena adanya pasien dari daerah lain.

"Oleh karena itu, kita khawatirkan pasca-Lebaran ini akan semakin tinggi. Namun hal ini juga kita koordinasikan dengan Provinsi Sumatera Utara karena memang kami Kota Medan adalah ibu kota Provinsi Sumatera Utara. Salah satu menjadi faktor tingginya BOR kami adalah rujukan dari kabupaten/kota lain," kata dia.

Bobby kemudian berkoordinasi dengan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Eddy Rahmayadi mengenai banyaknya pasien dari luar Medan yang dirawat di wilayahnya itu. Bobby meminta rumah sakit di daerah lain agar dioptimalkan merawat pasien.

"Seperti pada saat itu ada dari 1.200-an bed yang terisi, itu 800 sebenarnya adalah rujukan dari kabupaten/kota lain, bukan di Kota Medan. Oleh karena itu, kemarin kami, saya, meminta juga kami berkoordinasi dengan Bapak Gubernur dan Bapak Gubernur menginstruksikan juga dengan kabupaten/kota lain agar kira-kira masyarakatnya yang masih bisa ditangani di rumah sakit daerahnya masing-masing itu mohon ditangani di daerahnya masing-masing, tidak langsung dirujuk ke Kota Medan karena BOR kita sudah mencapai 75 persen kemarin," katanya.