Bobby: Utang Pemprov Sumut 2020 Sudah Dibayar, DBH 2021 Rp 407 M Belum

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 18:42 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution.
Wali Kota Medan Bobby Nasution (Datuk Haris Molana/detikcom)
Medan -

Pemprov Sumut membantah soal tudingan adanya utang dana bagi hasil (DBH) pajak senilai Rp 433 miliar yang disebut belum dibayar ke Pemko Medan. Wali Kota Medan Bobby Nasution pun menjelaskan persoalan tersebut.

"Ya sebenarnya ini kita sampaikan kurang-lebih hampir satu bulan yang lalu, itu kemarin ketika DPRD Provinsi Sumut berkunjung ke kita, ke kantor kota, tentunya kita berdiskusi apa saja dari teman-teman DPRD Sumut yang dapilnya dari Kota Medan bisa membantu kinerja Pemko Medan. Oleh karena itu, kami sampaikan juga kemarin, bagaimana salah satunya untuk beberapa program kita bisa tercapai dengan peningkatan PAD (pendapatan asli daerah)," sebut Bobby kepada wartawan di Balai Kota Medan, Rabu (23/6/2021).

"Salah satunya DBH yang dari Provinsi Sumut, ini kami sampaikan memang kita memintalah kalau bisa Provinsi Sumut membayar kan DBH-nya itu sesuai dengan bulan berjalan. Ini sesuai angkanya yang kemarin Rp 433 M itu, juga temuan dari BPK. Kenapa? Karena DBH-nya itu, DBH yang Rp 433 M itu kan harusnya 2020 dan dibayarkan bulan berjalan itu di 2020. Tapi memang sudah dibayarkan Rp 433 M itu sudah dibayarkan semua," sambungnya.

Bobby menyatakan provinsi sudah membayar uang tersebut, namun dibayarkan pada 2021. Bobby menyebut ada beberapa tahap dan baru selesai pada Mei 2021.

"Dari provinsi sudah dibayarkan semua tapi dibayarkan 2021 baru selesai bulan Mei, bulan 5 kemarin. Baru selesai, nah tapi yang 2021 belum dibayarkan. Nah DBH ini kan harusnya dibayarkan bulan berjalan. Sekarang udah bulan 6, jadi bulan 1, 2, 3, 4, 5 juga belum kita terima untuk tahun 2021. Nah, temuan BPK kemarin saya nyatakan dari Provinsi Sumut yang Rp 433 M itu sudah dibayarkan, tapi dibayarkan tahun 2021," ucap Bobby.

Menurut Bobby, harusnya uang DBH untuk tahun 2020 itu dibayarkan pada bulan berjalan. Sebab, jika cepat, program yang sudah disusun memakai uang tersebut bisa berjalan dengan baik.

"Harusnya tahun 2020 bulan berjalan. Karena ini kan ya semakin cepat uangnya masuk ke kami, tentunya kami bisa menganggarkan, uang itu kan sudah dianggarkan, kita kan proyeksinya uang kita kayak tahun 2021 ada Rp 407 miliar. Nah kan Rp 407 miliar sudah kami postingkan anggarannya untuk apa-apa saja kegiatannya. Nah kalau dibayarkannya nanti di tahun 2022 contohnya, tapi jangan sampai, kan ada kegiatan kita yang terakomodir karena anggarannya tidak disalurkan ke kami," ucap Bobby.

Bobby pun mengaku bahwa DBH yang belum dibayar oleh Pemprov Sumut itu bulan berjalan pada 2021. Total pembayaran seluruhnya mencapai Rp 407 miliar.

"Bulan berjalan dari bulan 1 hingga bulan 5 tahun 2021. Totalnya untuk tahun 2021 itu ada Rp 407 miliar. Inikan bulan Juni nya belum selesai jadi sampai Mei belum tersalurkan karena aturannya kan bulan berjalan. Itu aja yang kita sampaikan. Karena kemarin ditanyakan oleh anggota dewan kenapa PAD Kota Medan tidak sesuai. Salah satunya itu dari DBH yang terlambat dibayarkan provinsi ke Kota Medan," ucap Bobby.

Bobby kemudian menegaskan kembali soal DBH 2020. Dia menyebut bahwa itu telah dibayarkan. Namun dia menyayangkan karena uang itu dibayar tidak sesuai dengan bulan berjalan sehingga uangnya tidak bisa dipakai sesuai dengan harapan.

"Saya sampaikan untuk tahun 2020 betul sekali. Nilainya Rp 433 miliar lebih dan sudah dibayarkan di 2021 ini malahan di bulan Mei sudah dibayarkan memang lunas. Tapi itu tadi, 2020 kan kita nganggarnya kan harusnya bisa kita gunakan pada saat 2020. Kegiatan-kegiatan 2020 ada sumber dananya dari RP 433 miliar itu tapi tidak bisa kita kerjakan karena baru dibayarkan ada Desember, ada yang baru tahun ini jadi tak terlaksana itu kegiatan karena uangnya masih di provinsi bukan di Kota Medan jadi nggak bisa kita gunakan, termasuk yang 2021 ini," ucap Bobby.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Lihat juga Video: Ada Aduan Pungli Jutaan di Kelurahan, Bobby Langsung Sidak

[Gambas:Video 20detik]