detik's Advocate

Bolehkah Saya Gugat Eks Suami karena Kredit Mobil Pakai KTP-ku?

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 08:01 WIB
ilustrasi cerai
Foto: iStock
Jakarta -

Dampak perceraian salah satunya adalah pembagian harta gono-gini. Kerap menjadi masalah karena beberapa barang dibeli secara kredit dan angsuran masih berjalan di kala cerai. Berikut salah satu ceritanya.

Cerita itu dikirim seorang pembaca detik's Advocate lewat surat elektronik:

Saya seorang wanita usia 31 tahun. Saya bercerai dengan suami saya pada November 2019 karena dengan jelas dan terang-terangan mantan suami saya selingkuh.

Dalam 5 tahun pernikahan kami ada kredit 1 unit mobil dan saat terjadi perceraian angsuran mobil tersebut kurang dari setahun dan saat itu suami beli memakai uang saya sebagai DP. Maka disepakati mobil atas nama saya.

Ketika proses cerai suami mengembalikan DP Rp 50 juta. Padahal angsuran sudah berjalan 3 tahun dan selama pernikahan suami tidak terbuka soal penghasilan hanya mengatakan uangnya untuk angsuran mobil, ketika akan mengambil BPKB suami menghubungi saya.

Apakah saya bisa:
1. Meminta kompensasi atas data yang suami gunakan karena setelah perceraian dia masih pakai nama saya untuk mobil sehingga saya tidak bisa balik nama untuk mobil yang saya beli sendiri dan kena pajak progresif?
2. Menuntut atau menggugat atas penggunaan mobil yang masih atas nama saya?

Mohon masukannya.
Terima kasih

Untuk menjawab masalah di atas, tim detik's Advocate meminta pendapat hukum dari tim hukum LBH Mawar Saron, Yunisa Riana Br Panggabean,S.H. Berikut jawaban lengkapnya:

Simak video 'Bisakah Pidanakan Pasangan Gegara Batal Nikah?':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4