Terpopuler Sepekan

Penangkapan Massal Preman Usai Jokowi Telepon Kapolri

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 10:07 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Yusri dan Kapolres Metro  Jakarta Utara Guruh Arif Darmawan melakukan rilis kasus penangkapan pelaku pungutan liar (pungli) supir kontainer di kawasan Polres Jakarta Utara, Jumat (11/6).
Tampang Para Pelaku Pungli yang Dibekuk di Tanjung Priok (Pradita Utama/detikcom)

12 Juni 2021

Koordinator Pungli di JICT Ditangkap

Polisi menangkap koordinator pungli di kawasan JICT Pelabuhan Tanjung Priok. Dia adalah Achmad Zainul Arifin (39), yang merupakan supervisor outsourcing PT Multi Tally Indonesia (MTI).

Tersangka Achmad Zainul Arifin juga memerintahkan operator RTG mendahulukan mana truk yang bisa didahulukan atau tidak.

"Yang bersangkutan bisa memerintahkan operator RTG untuk mendahulukan truk mana yang akan didahulukan atau tidak, ketika ada pemberitahuan melalui HT dari control tower jika sudah melebihi waktu bongkar muat yang ditentukan," Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana kepada detikcom, Sabtu (12/6/2021).

100 Preman di Makassar Ditangkap

Sekitar 100 orang preman di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), ditangkap. Menurut polisi, preman tersebut berkedok juru parkir dan pak ogah yang mengganggu lalu lintas.

"Mereka melakukan parkir liar kemudian pemalakan terhadap orang yang akan aktivitas kendaraan berbelok, kami belum menemukan (adanya pembaretan kendaraan). Cuma kami imbau supaya masing-masing pelaku tidak melakukan," Wakasat Reskrim Polrestabes Makassar AKP Sugeng pada Sabtu (12/6).

75 Preman di Sumut Ditangkap

Sebanyak 75 preman di sejumlah lokasi di Sumatera Utara (Sumut) ditangkap. Preman paling banyak diamankan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

"Ada 55 titik yang menjadi sasaran operasi premanisme dan pungli. Dari puluhan orang yang diamankan, dilakukan pembinaan dan sidik," kata Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra melalui Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, Sabtu (12/6).


(aik/gbr)