detikcom Do Your Magic

Taman Jembatan Kota Paris di Tempat Rawan Tawuran, Bagaimana Menjaganya?

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 12:00 WIB
Tumbuh-tumbuhan di Jembatan Kota Paris. 10 Juni 2021. (Rakha AD/detikcom)
Tumbuh-tumbuhan di Jembatan Kota Paris. 10 Juni 2021. (Rakha AD/detikcom)
Jakarta -

Taman di Jembatan Kota Paris di Johar Baru, Jakarta Pusat (Jakpus), kini telah selesai dikerjakan. Pemerintah Kota Jakarta Pusat akan melakukan koordinasi dengan masyarakat untuk melakukan pengawasan.

"Kita nantinya akan terus berkoordinasi dengan masyarakat termasuk RT dan RW. Juga nantinya dibantu dari petugas Satpol PP kecamatan untuk melakukan pengawasan ya," kata Lurah Tanah Tinggi, Imran, saat diwawancarai detikcom, Kamis (10/6/2021).

Imran berharap taman jembatan tersebut dapat tetap asri dan tidak dirusak. "Ini udah selesai kan ya jangan sampai dirusak ke depannya supaya tetap asri," ungkapnya.

Selain itu, di sekitar jembatan nantinya akan dibuat taman interaktif. Taman tersebut masih dalam proses pengerjaan oleh Suku Dinas Bina Marka Kota Jakpus.

"Akan dibuat taman interaktif atau taman serba guna lah. Buat anak-anak bermain. Kita juga masih melakukan proses penataan. Nanti juga disediakan lahan parkir di pinggirnya biar kalau ada yang bawa motor tidak parkir di jalan," kata Imran.

Jembatan Kota Paris di Johar Baru, Jakarta, yang sering dijadikan lokasi tawuran diubah fungsinya. Kini jembatan tersebut berubah menjadi taman.Jembatan Kota Paris di Johar Baru, Jakarta, yang sering dijadikan lokasi tawuran diubah fungsinya. Kini jembatan tersebut berubah menjadi taman. (Andhika Prasetia/detikcom)

Terlihat, sudah ada kembang bugenvil di Jembatan Kota Paris ini. Taman dipagari dengan terali besi. Ada pula tanaman palem di pinggir jalan dekat Jembatan Kota Paris ini.

Tumbuh-tumbuhan di Jembatan Kota Paris. 10 Juni 2021. (Rakha AD/detikcom)Tumbuh-tumbuhan di Jembatan Kota Paris. 10 Juni 2021. (Rakha AD/detikcom)

Sebelumnya, proses pembangunan taman ini sempat dikhawatirkan mendapat perusakan. Soalnya, daerah ini dikenal sebagai daerah rawan tawuran. Bahkan pembangunan taman ini sesungguhnya adalah solusi agar tawuran tak menjalar ke lingkungan permukiman warga, karena sebelumnya jembatan ini sering menjadi akses tawuran.

Pembangunan taman di sini melewati libur Lebaran. Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat Mila Ananda. sempat mengkhawatirkan, bila tidak ada penjagaan saat libur Lebaran, akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Saya takutnya misal nanti Lebaran nggak ada pengamanan, terus sudah ditanami, dicabut-cabutlah. Aduh... saya pusing juga," ungkap Mila, Senin (10/5/2021).

Namun polisi menjamin akan melakukan penjagaan saat libur Lebaran. Kini, taman itu telah selesai dikerjakan.

(dnu/dnu)