detikcom Do Your Magic

Anggota DPRD DKI Minta Bina Marga Perbaiki Jembatan Bambu Reyot Jakbar

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 08:40 WIB
Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Kenneth Hardiyanto meninjau jembatan bambu yang reyot di Kebon Jeruk.
Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Kenneth Hardiyanto meninjau jembatan bambu yang reyot di Kebon Jeruk. (dok. istimewa)
Jakarta -

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Kenneth Hardiyanto meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperbaiki jembatan bambu di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, yang sudah reyot. Menurut Kenneth, perbaikan sudah mendesak karena kepentingan warga sekitar.

"(Sebanyak) 420 KK itu masih menggunakan jembatan penyeberangan dengan kondisi yang tidak layak atau sangat mengkhawatirkan. Banyak anak-anak sekolah lewat jembatan ini, saya khawatir jika tidak segera diperbaiki, maka akan bisa terjadi kejadian yang tidak diinginkan," ucap Kenneth dalam keterangannya, Rabu (8/6/2021).

Anggota Fraksi PDIP itu beberapa kali meninjau lokasi jembatan karena mendapat laporan dari masyarakat yang merupakan daerah pemilihan (dapil)-nya tersebut . Terakhir, dia mengaku pergi ke lokasi pada Selasa (8/6) malam.

"Jembatan ini satu-satunya akses bagi warga Kampung Rawa, mereka membangun jembatan itu dengan anggaran swadaya masyarakat dan ketika rusak mereka berinisiatif mengganti sendiri kayu lantai jembatan itu agar tidak ambruk. Kondisinya kini sudah semakin memprihatinkan, tanah di sekitaran sedikit demi sedikit terkikis aliran air dan kayunya semakin lapuk," ujarnya.

Dia meminta Dinas Bina Marga DKI Jakarta membangun jembatan yang lebih layak. Kenneth percaya Dinas Bina Marga memiliki anggaran untuk pembangunan.


"Saya minta Dinas Bina Marga untuk membangun jembatan penyeberangan tersebut agar warga bisa menggunakannya dengan nyaman dan aman, jangan sampai terjadi adanya korban baru melakukan perbaikan dan jangan berdalih tidak mempunyai anggaran untuk kepentingan warga Jakarta, karena dengan kondisi ekonomi seperti sekarang, warga sudah tidak mampu untuk menggantinya secara swadaya" ucapnya.

Jembatan reyot ini ada di kawasan Kelurahan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, tepatnya di RT 016 RW 04, Kampung Rawa, Sangtimur, Kebon Jeruk. Jembatan ini menghubungkan Kampung Rawa Barat dengan Kampung Rawa Timur.

Jembatan penyeberangan orang (JPO) bambu reyot di Kampung Rawa Barat dan Kamung Rawa Timur, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 8 Juni 2021. (Rakha Ariyanto Darmawan/detikcom)Jembatan penyeberangan orang (JPO) bambu reyot di Kampung Rawa Barat dan Kamung Rawa Timur, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 8 Juni 2021. (Rakha Ariyanto Darmawan/detikcom)

Simak video 'Khawatirnya Warga akan Jembatan Bambu Reyot di Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]