detikcom Do Your Magic

Masih Ada Jembatan Bambu Reyot di Jakarta, Bikin Warga Khawatir

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 14:24 WIB
Jakarta -

Ternyata masih ada jembatan bambu di Ibu Kota Negara ini. Meski sudah reyot, jembatan ini masih menjadi andalan warga untuk menyeberangi kali. Warga perlu berhati-hati melewati jembatan bambu ini.

Jembatan ini ada di kawasan Kelurahan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Jembatan ini menghubungkan Kampung Rawa Barat dan Kampung Rawa Timur.

Pantauan detikcom Do Your Magic di lokasi, Selasa (8/6/2021) jembatan memiliki panjang sekitar 15 meter dan lebar 1,5 meter. Jembatan ini terbuat dari bambu dan diikat dengan menggunakan kawat besi. Balok kayu jadi fondasi supaya lebih kokoh.

Jembatan ini menghubungkan dua kampung, yakni Kampung Rawa Barat dan Kampung Rawa Timur. Di sisi jembatan terdapat rumah-rumah penduduk sehingga sering digunakan untuk berjalan melintasi Kali Sekretaris atau warga setempat juga sering menyebutnya sebagai 'Kali Kampung Rawa'.

Jembatan kayu ini tidak bisa dilintasi kendaraan bermotor. Ini adalah jembatan penyeberangan orang (JPO). Saat dilewati orang, jembatan bergoyang atas-bawah. Orang yang berjalan harus pelan-pelan saja melangkah.

Bambu yang menjadi permukaan pijakan terlihat sudah terkelupas. Jembatan bambu ini sudah reyot. Di bawah bambu, tak ada lapisan lagi alias langsung menuju sungai, yang tentu saja keruh.

Jembatan penyeberangan orang (JPO) bambu reyot di Kampung Rawa Barat dan Kamung Rawa Timur, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 8 Juni 2021. (Rakha Ariyanto Darmawan/detikcom)Jembatan penyeberangan orang (JPO) bambu reyot di Kampung Rawa Barat dan Kampung Rawa Timur, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 8 Juni 2021. (Rakha Ariyanto Darmawan/detikcom)

Di sekitar area jembatan, tidak ada lampu penerangan yang memadai. Padahal jembatan ini digunakan warga hingga malam hari. Tidak ada juga pegangan di sisi kiri dan kanan jembatan, sehingga saat berjalan di atas jembatan harus sangat berhati-hati.

Selanjutnya, warga jadi khawatir: