Ini Konten YouTube Eko Kunthadi-Mazdjo Pray yang Disoal Roy Suryo

Yogi Ernes, Annisa Rizky - detikNews
Jumat, 04 Jun 2021 20:25 WIB
Eko Kunthadi Tanggapi Santai Laporan Roy Suryo: Itu Kan Bercanda
Mazdjo Pray (kiri) dan Eko Kunthadi (kanan) dilaporkan Roy Suryo ke polisi (Screenshot YouTube)
Jakarta -

Roy Suryo melaporkan pegiat media sosial Eko Kunthadi dan Mazdjo Pray ke polisi terkait konten di channel YouTube '2045 TV'. Politikus Partai Demokrat ini menilai konten YouTube Eko Kunthadi dan Mazdjo Pray sudah mencemarkan nama baiknya.

Adapun, konten yang dilaporkan itu bertajuk 'Eko Kunthadi & Mazdjo Pray: Dewa Panci Bikin Ulah Lagi (Pra Kontro #36)'. Konten tersebut berupa diskusi antara Eko Kunthadi dan Mazdjo Pray soal kasus Roy Suryo dan Lucky Alamsyah, yang diposting tanggal 29 Mei 2021.

Konten satir itu juga menyinggung persoalan Roy Suryo sewaktu menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Menurut Roy Suryo, apa yang dibicarakan oleh Eko Kunthadi dan Mazdjo Pray di akun channel tersebut tidak sesuai fakta menurut versinya.

"Apa yang dia ceritakan di dalam sini adalah dia berusaha menceritakan kejadian laka lantas saya dengan saudara LA (Lucky Alamsyah), tetapi dari versi dia yang sudah diputarbalikkan fakta dan bahkan dia sengaja menyebut beberapa kasus lain yang mana kasus-kasus itu dia putarbalikkan seluruhnya," kata Roy Suryo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (4/6/2021).

Namanya Disebut 33 Kali

Roy Suryo meyakini konten YouTube dari Eko Kunthadi dan Mazdjo Pray ditujukkan kepadanya, meski di awal keduanya menyebut bahwa inisial 'RS' ini bukan Roy Suryo. Bahkan, dia mencatat namanya puluhan kali disebut dalam konten tersebut.

"Dia menyebut saya ndak menyebut nama, hanya menyebut RS. Tapi saya hitung dia menyebut nama Roy Suryo dalam video itu ada 33 kali. Jadi dia nggak bisa lari lagi, saya sudah menghitungnya dan angkanya 33 kali dia sudah menyebut nama," ujar Roy.

Hastag Roy Suryo Dihapus

Sementara itu pengacara Roy Suryo, Pitra Romadoni menambahkan, pihaknya mencatat ada upaya Eko Kunthadi dan Mazdjo Pray menghilangkan barang bukti. Pasalnya, dalam hastag yang terbuat video YouTube keduanya, nama Roy Suryo yang semula dicantumkan kemudian dihilangkan.

"Ini telah dilakukan editing dokumen elektronik, jadi yang bersangkutan diduga telah menghilangkan barang bukti dengan mengedit kata-kata tadi yang semula ada nama Roy Suryo dan sekarang tidak ada lagi dibuat dia," ujar Pitra.

"Ini berarti ada unsur mensrea di dalam perbuatan tersebut dan saya lihat ada kesengajaan dari yang bersangkutan untuk menyerang harkat dan martabat pak Roy Suryo," katanya lagi.

Roy Suryo melaporkan Eko Kunthadi dan Mazdjo Pray dengan dugaan pelanggaran ITE. Keduanya dilaporkan usai diduga melanggar pasal pencemaran nama baik.

"Jadi ada dua aturan pidana yang kita laporkan yang pertama ITE-nya dan pasal pidana umumnya yakni yang diatur di dalam penghinaan di dalam UU pidana umum KUHP dan pencemaran nama baiknya dalam pasal 27 UU ITE," jelas Pitra.

Seperti apa isi konten Eko Kunthadi dan Mazdjo Pray yang disoal Roy Suryo ini? Simak di halaman selanjutnya