Penjelasan Jasa Marga soal Viral Mobil Dikejar Warga di GT Ciledug

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 19:13 WIB
Pagi ini Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) W2 Utara, seksi Ciledug-Ulujami sepanjang 2,14 km diresmikan. Peresmian tol yang menjadi bagian dari JORR W2 Utara Kebon Jeruk-Ulujami sepanjang 7,67 km ini ditandai penekanan tombol oleh Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto.
Ilustrasi Tol Cideug (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Jasa Marga menanggapi viral video yang beredar di media sosial terkait perusakan mobil Fortuner yang dilakukan warga di Gerbang Tol (GT) Ciledug 2. Saat kejadian, Jasa Marga sempat menutup gerbang tol.

Manajer Area Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO) Ruas Kebon Jeruk-Ulujami Andre Kustiawan mengatakan insiden itu terjadi pada Senin (31/5) pukul 23.45 WIB. Andre menyampaikan diduga terjadi pengejaran oleh warga terhadap mobil Fortuner B-1218-PJS di GT Ciledug 2 Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) ruas Kebon Jeruk-Ulujami akibat insiden serempetan.

"Diduga kendaraan Fortuner tersebut melarikan diri setelah menyerempet kendaraan roda dua di jalan nasional/arteri di wilayah Jakarta Selatan, dan melarikan diri ke arah GT Ciledug 2. Hal ini menyebabkan warga sontak mengejar dan menghalau kendaraan tersebut persis di depan GT Ciledug 2," kata Andre lewat keterangan tertulis, Selasa (1/6/2021).

Jasa Marga Sempat Tutup Sementara GT Ciledug 2

Andre menjelaskan Jasa Marga akhirnya menutup sementara GT Ciledug 2 saat terjadi insiden tersebut. Hal itu dilakukan demi keamanan pengguna jalan.

"Pada saat terlihat rombongan warga yang memaksa masuk ke akses GT Ciledug 2 untuk mengejar kendaraan Fortuner tersebut, petugas langsung melaporkan ke PJR dan menutup sementara akses GT Ciledug 2 untuk keamanan pengguna jalan," jelasnya.

GT Ciledug 2 kembali dibuka pukul 01.00 WIB setelah ketegangan diredakan. Andre menyampaikan insiden ini telah ditangani Polsek Pesanggrahan.

"Selanjutnya permasalahan ini diserahkan kepada Polsek Pesanggrahan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Pukul 01.00 WIB (1/6) GT Ciledug 2 sudah dibuka kembali dan dapat dilintasi dengan aman oleh pengguna jalan," ucapnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.