Azis Syamsuddin Diperiksa Dewas soal Etik Penyidik KPK

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 12:42 WIB
Waka DPR, Azis Syamsuddin
Azis Syamsuddin (Azhar Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin baru saja diperiksa Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Azis diperiksa pada sidang etik penyidik AKP Stepanus Robin Pattuju.

Pantauan detikcom, pukul 12.15 WIB, Azis terlihat keluar dari Anti-Corruption Learning Center (ACLC) KPK, yang juga kantor Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Azis keluar melalui gerbang bagian belakang.

Azis mengatakan akan mengikuti proses hukum yang berlaku. Dia enggan menjelaskan banyak soal kasus yang menyangkut dirinya.

"Saya ikut proses yang ada aja, makasih," kata Azis.

Tak lama kemudian, Azis langsung memasuki mobil berjenis Toyota Fortuner berwarna hitam. Saat itu Azis tampak mengenakan baju batik berwarna kuning.

Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris membenarkan pemeriksaan terhadap Azis sebagai saksi. Namun Haris tidak bisa membeberkan apa saja pemeriksaan terhadap Azis karena sidang berlangsung tertutup.

"Ya benar hari ini dimulai persidangan dugaan pelanggaran etik oleh penyidik KPK berinisial SRP. Majelis etik yang dibentuk Dewas menghadirkan sejumlah saksi, di antaranya Azis Syamsuddin," kata Haris saat dimintai konfirmasi terpisah.