Tata Cara Sholat Gerhana Bulan Total dan Keutamaannya

Rahma I Harbani - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 14:47 WIB
The moon is covered by the earths shadow during a total lunar eclipse over Vienna, Austria, January 21, 2019. REUTERS/Lisi Niesner
Foto: Reuters
Jakarta -

Gerhana bulan total (GBT) merah atau super blood moon yang kedua tahun 2021 akan terjadi pada Rabu (26/5/2021) mendatang. Hal ini menjadi momen yang tepat bagi umat muslim untuk melakukan sholat gerhana.

Sebagaimana dalam hadits riwayat Bukhari, Rasulullah SAW pernah bersabda:

فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَافْزَعُوا إِلَى الصَّلاَةِ

Artinya: "Jika kalian melihat gerhana tersebut (matahari atau bulan), maka bersegeralah untuk melaksanakan shalat." (HR.Bukhari).

Sebuah hadits menjelaskan anjuran dari Rasulullah SAW yang menyerukan untuk melaksanakan sholat gerhana. Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha, Rasulullah SAW mengatakan:

أنَّ الشَّمس خَسَفَتْ عَلَى عَهْدِ رَسولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم، فَبَعَثَ مُنَادياً يُنَادِي: الصلاَةَ جَامِعَة، فَاجتَمَعُوا. وَتَقَدَّمَ فَكَبرَّ وَصلَّى أربَعَ رَكَعَاتٍ في ركعَتَين وَأربعَ سَجَدَاتٍ.

Artinya: "Aisyah radhiyallahu 'anha menuturkan bahwa pada zaman Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah terjadi gerhana matahari. Beliau lalu mengutus seseorang untuk memanggil jama'ah dengan: 'ASH SHALATU JAMI'AH' (mari kita lakukan shalat berjama'ah). Orang-orang lantas berkumpul. Nabi lalu maju dan bertakbir. Beliau melakukan empat kali ruku' dan empat kali sujud dalam dua raka'at." (HR. Muslim no. 901).

Pelaksanaan sholat gerhana bulan dilakukan sama seperti pelaksanaan sholat Idul Fitri dan Idul Adha, yaitu sholat yang diakhiri dengan dua khutbah.

Namun, setiap rakaat sholat gerhana bulan dilakukan dua kali rukuk yang bisa dilakukan secara munfarid (sendiri) atau berjamaah. Sementara itu, dua khutbah setelah sholat gerhana bulan tidak dianjurkan takbir seperti sholat khutbah dua sholat Id.

Lantas, bagaimana tata cara pelaksanaan sholat gerhana bulan total?

Berikut ini tata cara dan keutamaan sholat gerhana yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber.

Klik halaman berikutnya

Simak Video: Siap-siap! Super Blood Moon Bakal Terlihat di Indonesia Pada 26 Mei

[Gambas:Video 20detik]