Besok Puasa Ayyamul Bidh Bulan Syawal, Berikut Niat dan Keutamaannya

Kristina - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 10:53 WIB
Cara Sederhana Nabi Muhammad SAW saat Sahur dan Berbuka Puasa
Foto: iStock
Jakarta -

Puasa ayyamul bidh bulan Syawal 1442 akan dimulai besok, Selasa (25/5/2021). Menjalankan puasa ini akan mendapat pahala seperti puasa sepanjang tahun.

Ayyamul bidh merupakan puasa sunnah yang dijalankan selama 3 hari setiap bulannya. Puasa ini dilaksanakan setiap bulan tanggal 13, 14, dan 15 menurut kalender Hijriyah.

Pada bulan ini, ayyamul bidh jatuh pada tanggal 25, 26, dan 27 Mei 2021.

Dikutip dari buku 'Inilah Alasan Rasulullah SAW Menganjurkan Puasa Sunnah' oleh Amirulloh Syarbini dan Iis Nur'aeni Afgandi, puasa ayyamul bidh bertepatan dengan terang bulan yaitu saat rembulan sedang terang-terangnya. Oleh karena itu ayyamul bidh juga disebut dengan puasa hari-hari putih.

Anjuran puasa ayyamul bidh ini dijelaskan dalam sebuah hadits riwayat Imam Bukhari. Rasulullah SAW memberikan tiga wasiat kepada salah seorang sahabatnya, Abu Darda.

"Kekasihku (Muhammad SAW) mewasiatkan kepadaku tiga hal yang tidak akan aku tinggalkan seumur hidupku, yaitu berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, Sholat Dhuha, dan Sholat Witir sebelum tidur."

Puasa sunnah ini memiliki keutamaan yang luar biasa. Disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Mutafaqun 'Alaih, dari Abdullah ibn Amr ibn 'Ash ra, ia berkata bahwa nabi SAW pernah bersabda kepadanya:

"Berpuasalah setiap bulannya tiga hari. Karena sesungguhnya pada hari itu dihitung dengan sepuluh kelipatannya, yang nilainya sama seperti berpuasa sepanjang tahun." (HR. Mutafaqun 'Alaih).

Niat puasa ayyamul bidh

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Arab latin: Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta'ala.

Artinya: "Saya niat puasa Ayyamul Bidh, sunnah karena Allah ta'ala."

Rasulullah SAW membiasakan diri untuk berpuasa pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya. Bahkan beliau jarang meninggalkan puasa tengah bulan ini ketika dalam perjalanan sekalipun.

Dalam sebuah hadits Tirmidzi disebutkan bahwa Rasulullah SAW sampai memberikan nasihat langsung kepada Abu Dzar al-Ghiffari agar mengerjakan puasa ayyamul bidh.

"Ya Abu Dzar, Apabila engkau hendak berpuasa sunnah pada setiap bulannya. Maka lakukanlah puasa pada tanggal 13, 14, dan 15." (HR. Tirmidzi).

(nwy/nwy)