Puasa Ayyamul Bidh, Syawal, Senin-Kamis: 'Paket Combo' Sunnah Minggu Ini

Kristina - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 11:01 WIB
NIat Puasa Asyura
Puasa Ayyamul Bidh, Syawal, Senin-Kamis: 'Paket Combo' Sunnah Minggu Ini (Ilustrasi: Fuad Hasyim/detikcom)
Jakarta -

Pekan ini menjadi sangat istimewa bagi umat Islam. Sebab ada ibadah puasa sunnah yang bisa dikerjakan dengan pahala yang berlipat, yakni Puasa Sunnah Ayyamul Bidh, puasa sunah 6 hari bulan syawal dan puasa Senin-Kamis.

Dikutip dari buku 'Dahsyatnya Puasa Wajib & Sunnah' oleh Akhyar As-Shiddiq Muhsin dan Dahlan Harnawisastra, puasa memiliki beberapa keutamaan dibandingkan ibadah lain. Disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Bukhari, orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala tak terhingga.

Rasulullah SAW bersabda: "Setiap amal yang dilakukan anak Adam adalah untuknya, dan satu kebaikan dibalas sepuluh kali lipatnya bahkan sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Azza wa Jalla berfirman, 'Kecuali puasa. Ia adalah untuk-Ku dan Aku yang langsung membalasnya. Ia telah meninggalkan syahwat, makan, dan minumnya karena-Ku." (HR. Bukhari)

Puasa juga disebut sebagai ibadah yang tidak ada bandingannya. Sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadits riwayat An-Nasai sebagai berikut:

Rasulullah SAW bersabda: "Hendaklah kamu berpuasa, karena sesungguhnya ia (shaum) tidak tandingannya." (HR. An-Nasa'i)

Tepat pada minggu ini, umat Muslim bisa menjalankan tiga jenis puasa sunnah sekaligus. Yaitu Puasa Syawal, ayyamul bidh, dan Senin Kamis.

1. Puasa Syawal

Dalam sebuah hadits riwayat disebutkan bahwa puasa 6 hari di bulan Syawal seperti halnya menjalankan puasa selama setahun penuh.

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh." (HR. Muslim)

2. Puasa Ayyamul Bidh

Puasa 3 hari setiap bulan merupakan salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Bahkan beliau tidak meninggalkan puasa ayyamul bidh sekalipun berada dalam perjalanan.

Diriwayatkan dalam hadits Mutafaqun 'Alaih, dari Abdullah ibn Amr ibn 'Ash ra, ia berkata bahwa nabi SAW pernah bersabda kepadanya,

"Berpuasalah setiap bulannya tiga hari. Karena sesungguhnya pada hari itu dihitung dengan sepuluh kelipatannya, yang nilainya sama seperti berpuasa sepanjang tahun." (HR. Mutafaqun 'Alaih)

3. Puasa Senin Kamis

Dikutip dari buku 'Puasa Senin-Kamis' oleh Mahmud Ahmad Mustafa, hari Senin dan Kamis merupakan hari diperiksanya amal seseorang. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Amal-amal perbuatan itu diajukan (diaudit) pada hari Senin dan Kamis, oleh karena itu aku ingin amal perbuatanku diajukan (diaudit) pada saat aku sedang puasa." (HR. Tirmidzi)

Berikut jadwal puasa sunnah minggu ini

1. Senin, 24 Mei 2021 (12 Syawal 1442 H) : Puasa syawal dan Senin
2. Selasa, 25 Mei 2021 (13 Syawal 1442 H) : Puasa syawal dan ayyamul bidh
3. Rabu, 26 Mei 2021 (14 Syawal 1442 H) : Puasa syawal dan ayyamul bidh
4. Kamis, 27 Mei 2021 (15 Syawal 1442 H) : Puasa syawal, ayyamul bidh, dan Kamis

(erd/erd)