Round-Up

5 Fakta 2 Bule Inggris Malah Kabur Saat Hendak Dikarantina

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 08:01 WIB
Polisi menangkap 2 WN Inggris yang sempat kabur dalam perjalanan ke hotel karantina.
Foto: Polisi menangkap 2 WN Inggris yang sempat kabur dalam perjalanan ke hotel karantina (Arun/detikcom)
Jakarta -

Dua orang WN Inggris melarikan diri dalam perjalanan menuju hotel karantina. Keduanya ditangkap di kawasan Bogor, Jawa Barat setelah 12 hari kemudian.

Keduanya kabur meninggalkan sopir taksi yang akan membawanya ke hotel tempat isolasi, dengan alasan tidak memiliki uang untuk membayar biaya karantina. Mereka meninggalkan tiga buah koper dalam taksi tersebut.

Selama 12 hari tersebut, mereka tinggal berpindah-pindah tempat penginapan di kawasan Bogor, Jawa Barat. Kini, keduanya ditahan di ruang detensi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta sambil menunggu proses deportasi.

Dua WN Inggris tersebut, pria berinisial MM (32) dan perempuan berinisial ODE (39), tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat 7 Mei 2021. Keduanya datang dengan visa kunjungan dengan penjamin adalah entitas Bali Photographer Profesional.

"Mereka WNA dari Inggris dan dia berdasarkan data imigrasi bahwa yang bersangkutan memiliki visa akan melakukan pekerjaan atau profesi terkait fotografi sehingga dapat masuk ke Indonesia sehubungan dengan visa tersebut. Tujuannya ke Bali," kata Adi saat konferensi pers di Mapolres Bandara Soetta, Kota Tangerang, Jumat (21/5/2021).

Berikut fakta-fakta terkait kaburnya dua WN Inggris tersebut:.

1. Kabur dengan alasan ingin ke toilet

Kedua WN Inggris ini dijemput sopir yang telah bekerja sama dengan pihak hotel karantina. Namun, dalam perjalananm tepatnya di kawasan Penjaringan, keduanya meminta turun dengan alasan ingin ke toilet.

Mereka juga menyampaikan tidak ingin melakukan karantina di hotel karena tidak sanggup membiayai hotel. Setelah terjadi perdebatan akhirnya sopir tersebut mengizinkannya pergi ke toilet.

"Dalam perjalanan, yang bersangkutan menyampaikan ke sopir ingin ke toilet, sakit perut, dan lain-lain. Dengan alasan kemanusiaan, sopir mengabulkan dan ternyata yang bersangkutan berupaya melarikan diri dengan alasan, saat didalami, yang tidak ada biaya hotel, mereka tidak memiliki cukup uang," jelas Adi.

Kedua bule Inggris ini kemudian melarikan diri. Sopir taksi lalu melaporkannya ke pihak terkait dan menyerahkan 3 koper yang ditahannya.

Halaman selanjutnya, simak perjalanan keduanya selama 12 hari kabur

Saksikan juga 'Satgas Minta Karantina Mandiri Bagi Orang yang Pulang Mudik Dipantau':

[Gambas:Video 20detik]