Imigrasi Akan Deportasi dan Tangkal 2 Bule Inggris yang Kabur dari Karantina

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 14:11 WIB
Polisi menangkap 2 WN Inggris yang sempat kabur dalam perjalanan ke hotel karantina.
Polisi menangkap dua WN Inggris yang sempat kabur dalam perjalanan ke hotel karantina. (Arun/detikcom)
Jakarta -

Dua WN Inggris, ODE (39) dan MM (32), kabur saat diantar ke tempat karantina di Jakarta Barat. Keduanya terancam dideportasi dan ditangkal oleh pihak Imigrasi.

"Dua WNA tersebut akan kita tindak lanjuti dengan langkah hukum untuk pendeportasian dan diajukan tangkal sesuai dengan UU No 6/2011 Pasal 75," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Bandara Soetta, Romi Yudianto, saat konferensi pers di Mapolres Bandara Soetta, Kota Tangerang, Jumat (21/5/2021).

Selain dideportasi, ODE dan MM terancam dilakukan penangkalan oleh pihak Imigrasi. Terkait deportasi, Romi tidak menjelaskan secara rinci kapan waktunya.

Romi hanya mengatakan ODE dan MM akan dideportasi dalam waktu dekat.

"Deportasi rencananya secepatnya," ujar Romi.

ODE dan MM masih menunggu proses deportasi. Keduanya saat ini ditempatkan di ruang detensi Imigrasi.

"Langkah kita ambil nanti dilakukan deportasi yang bersangkutan. Sebelum dilakukan deportasi, mereka ditempatkan di ruang detensi Imigrasi," jelasnya.

Sebelumnya, ODE dan MM dilaporkan kabur dalam perjalanan menuju ke hotel tempat karantina di kawasan Jakarta Barat pada 7 Mei 2021. Keduanya menumpang taksi dari Bandara Soetta menuju hotel dan kabur saat izin hendak ke toilet.

"Dalam perjalanan yang bersangkutan menyampaikan ke sopir ingin ke toilet, sakit perut, dan lain-lain. Dengan alasan kemanusiaan, sopir mengabulkan dan ternyata yang bersangkutan berupaya melarikan diri dengan alasan, saat didalami, yang tidak ada biaya hotel, mereka tidak memiliki cukup uang," ujar Kapolres Bandara Soetta Kombes Adi Ferdian Saputra dalam konferensi pers di Mapolres Bandara Soetta, Kota Tangerang, Jumat (21/5/2021).

Selama kabur, dua WN Inggris itu berpindah penginapan di Bogor, Jawa Barat. Mereka juga melakukan kegiatan fotografi di sana.

ODE dan MM diamankan Tim Garuda Satreskrim Polresta Bandara Soetta di kawasan Bogor pada Rabu (19/5).

"Diamankan tanggal 19 Mei hari Rabu. Diamankan di wilayah hukum Bogor," ungkapnya.

(run/mea)