Tanggapan Gojek soal Ojol Parkir di Trotoar Jl Satrio Kuningan

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 20 Mei 2021 18:24 WIB
Petugas berjaga di Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan.
Ojol parkir di trotoar Jl Prof Dr Satrio Kuningan Jaksel dan digebah Dishub DKI. (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Semula, banyak pengemudi (driver) ojek online (ojol) parkir di trotoar median Jl Dr Satrio bawah JLNT Kuningan, Jaksel. Kini setelah Pemprov DKI menertibkan median jalan, driver ojol pindah parkir dan menunggu penumpang di trotoar samping jalan. Salah satu penyedia layanan ojol, Gojek, menanggapi kondisi ini.

Senior Vice President Corporate Affairs Gojek, Rubi Purnomo, menjelaskan pihaknya siap berkolaborasi dengan berbagai pihak supaya kondisi di lapangan lebih baik lagi.

"Gojek berkomitmen untuk terus memberikan kemudahan bagi masyarakat, termasuk dengan memberikan solusi atas kebutuhan bertransportasi yang mudah dan efisien. Bagi Gojek, kenyamanan dan kemudahan pelanggan dalam menggunakan layanan merupakan hal yang terus kami jaga," kata Rubi Purnomo melalui keterangan pers tertulis Gojek, diterima detikcom, Kamis (20/5/2021).

Dikatakannya, Gojek punya fitur di aplikasi yang memudahkan driver dan pengguna mudah bertemu. Untuk tempat penumpang menunggu driver Gojek, ada shelter dan pick up points.

Selain itu, Gojek juga bekerjasama dengan kepolisian untuk melatih para mitra driver Gojek supaya senantiasa tertib berlalu lintas.

"Di sisi mitra driver, sejak awal dan secara terus menerus, Gojek telah menjalankan program pelatihan berkendara dan ketaan lalu lintas bagi mitranya dengan menggandeng pihak kepolisian. Terbaru, bersama Korlantas Polri, Gojek menghadirkan materi edukasi mengenai keselamataan dan ketaatan aturan berlalu lintas yang dapat diakses langsung melalui fitur Tips Pintar pada aplikasi driver," kata Rubi Purnomo.

Kondisi di lapangan

Di Jl Prof Dr Satrio, terjadi perubahan kondisi usai pihak Pemprov DKI Jakarta dan kepolisian menertibkan trotoar di median jalan. 12 Portal S dan MCB dipasang Dinas Bina Marga, disusul penjagaan oleh Dinas Perhubungan dan kepolisian.

Para driver ojol yang semula sering nongkrong di median jalan kemudian pindah ke trotoar. Pada Rabu (19/5) kemarin, terlihat banyak ojol parkir di trotoar depan apartemen Somerset, Jl Prof Dr Satrio.

Pada Kamis (20/5/2021), petugas Dishub, polisi, dan Satpol PP berjaga. Pemotor termasuk banyak driver ojek pindah parkir.

Tidak semua motor yang terparkir di trotoar bisa ditertibkan oleh petugas. Faktanya, masih ada motor yang parkir di samping Mal Ambasador yang dijaga oleh tukang parkir.

(dnu/aik)