detikcom Do Your Magic

Tak Ada Lagi Pemotor Putar Balik di Trotoar Depan Kuningan City

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 20 Mei 2021 13:53 WIB
Kodisi trotoar depan Mal Kuningan City usai pemasangan portal S dan penghalang lainnya.
Foto: Wilda/detikcom
Jakarta -

Dulu sejumlah pengendara motor ataupun ojek online (ojol) kerap kali memutarbalikkan kendaraannya lewat trotoar di depan Mal Kuningan City, Jakarta Selatan. Namun semenjak ada portal S dan penghalang lain, para pemotor itu tak ada lagi bisa melintas dan putar balik.

Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (20/5/2021) trotoar depan Kuningan City, Jakarta Selatan telah terpasang dua portal S yang berseberangan dengan Kuningan City. Dua portal itu adalah bagian dari 12 portal S yang dipasang di sepanjang Jl Prof Dr Satrio.

Akibat penghalang itu, tidak ada lagi pemotor yang memutarbalikkan kendaraannya dengan menerobos trotoar ini.

Saat ini, para pejalan kaki menggunakan trotoar ini untuk menyeberang. Namun mereka masih harus sedikit menyampingkan badannya agar bisa melewati akses trotoar yang masih ditutup oleh papan.

Papan pengumuman itu bertulisan 'Penyeberangan masih dalam perbaikan silakan gunakan penyeberangan terdekat'. Pengumuman itu tertulis di kertas HVS dan ditempel di papan yang telah diikat dengan segel kuning hitam.

Kodisi trotoar depan Mal Kuningan City usai pemasangan portal S dan penghalang lainnya.Kondisi trotoar depan Mal Kuningan City seusai pemasangan portal S dan penghalang lainnya. (Wilda/detikcom)

Situasi di trotoar tampak sepi dari ojol maupun pemotor yang kerap kali parkir di trotoar ini. Tanaman-tanaman di trotoar tampak terlihat hijau menambah kesejukan.

Secara umum, trotoar median jalan yang sudah dipasangi portal S sudah tidak digunakan pemotor untuk putar balik. Trotoar yang biasa digunakan untuk menyeberang pejalan kaki ini terhubung dengan zebra cross. Dalam satu kesempatan, detikcom memantau ada pengemudi ojek yang hendak menerobos, namun tidak bisa dan urung melintasi trotoar karena terhalang portal S.

(whn/aik)