detikcom Do Your Magic

'Before-after' Trotoar Seberang Kuningan City yang Dulu Diterobos Pemotor

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 20 Mei 2021 15:41 WIB
Masalah pemotor terobos trotoar seberang Kuningan City, TUNTAS
Masalah pemotor terobos trotoar seberang Kuningan City TUNTAS (Mindra Purnomo)
Jakarta -

Dulu, pengendara sepeda motor sering menggunakan trotoar di depan Mal Kuningan City atau di kolong Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Kuningan, Jakarta Selatan untuk berputar balik. Kini, lokasi tersebut telah dipasangi portal S dan penghalang lain untuk menghalangi pemotor.

detikcom Do Your Magic mulai memantau kondisi trotoar Jl Prof Dr Satrio tersebut pada 18 Maret 2021. Terlihat di lokasi, pemotor menerobos ke area trotoar dengan cara masuk di celah bollard atau pasak penghalang. Jarak penghalang yang lebar memudahkan pemotor untuk masuk ke trotoar.

Trotoar tersebut dikhususkan untuk pejalan kaki, lengkap dengan fasilitas guiding block (ubin pemandu). Trotoar tengah (median) jalan ini terhubung dengan zebra cross. Median Jl Prof Dr Satrio di kolong JLNT itu adalah bagian dari revitalisasi trotoar di kawasan Kuningan.

Setelah laporan dan pemberitaan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta merespons dengan berencana untuk menghalangi pemotor dengan memasang 12 portal S di sepanjang Jl Satrio. Portal S dipilih karena masih bisa mengakomodasi disabilitas dengan kursi roda. Pemasangan portal S mulai dilakukan pada Jumat (7/5) lalu.

Namun, portal S tidak menyelesaikan masalah. Pemotor, menggunakan akses di putaran atau U turn resmi di depan Ciputra Wolrd 1 untuk naik dan parkir di trotoar. Setelah itu, Dinas Bina Marga DKI Jakarta menutup akses tersebut dengan beton MCB. Kini median di kolong JLNT telah bebas dari sepeda motor yang putar balik atau parkir.

Berikut perbandingan sebelum dan setelah atau before dan after pemasangan penghalan di atas trotoar

Sejumlah kendaraan bermotor parkir di trotoar kolong jalan layang non tol (JLNT) Casablanca, Jakarta, Rabu (7/4/2021).Sejumlah kendaraan bermotor parkir di trotoar kolong jalan layang non tol (JLNT) Casablanca, Jakarta, Rabu (7/4/2021). Foto: Rifkianto Nugroho
Selanjutnya
Halaman
1 2