detikcom Do Your Magic

Petugas Jaga Jl Satrio Kuningan, Gebah Ojol Parkir di Trotoar

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 20 Mei 2021 12:27 WIB
Petugas berjaga di Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan.
Petugas berjaga di Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Trotoar median jalan kolong Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan, dijaga aparat kepolisian, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satpol PP. Aparat gabungan ini tampak berjaga di sekitar putaran atau U-turn depan Ciputra World 1.

Pantauan detikcom Do Your Magic di lokasi pukul 11.27 WIB, Kamis (20/5/2021), belasan aparat gabungan yang terdiri atas polisi, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP DKI Jakarta berjaga di sekitar U-turn. Petugas tampak mengamankan arus lalu lintas di sekitar.

Selain itu, mereka berpatroli di Jl Prof Dr Satrio. Mereka berkeliling dan menertibkan pemotor yang mayoritas ojek online itu untuk tidak parkir di trotoar.

"Kendaraan bermotor yang berada di trotoar silakan dipindahkan ke tempat yang lebih aman karena trotoar adalah untuk pejalan kaki," kata petugas melalui pengeras suara.

Dari pantauan, masih ada ojol yang memarkirkan kendaraannya di trotoar. Selain itu, masih ada pedagang kaki lima yang menggunakan sepeda.

Petugas Dishub dan Satpol PP kemudian memberikan arahan dan menertibkan mereka untuk mencari parkir yang telah disediakan. Para pedagang juga diminta tidak berjualan di trotoar.


Namun tidak semua motor yang terparkir di trotoar bisa ditertibkan oleh petugas. Faktanya, masih ada motor yang parkir di samping Mal Ambasador yang dijaga oleh tukang parkir.

Arus lalu lintas di lokasi tampak ramai-lancar. Tidak ada kemacetan yang berarti meskipun ada penertiban oleh aparat gabungan.

Diketahui, selain portal S di jalur pejalan kaki, beton movable concrete barrier (MCB) sudah terpasang di celah masuk media taman trotoar jalan bawah JLNT Casablanca, Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jaksel.

Ada dua titik yang dipasangi beton MCB. Empat buah beton MCB di putaran balik U-turn seberang Ciputra World 1. Sebelumnya celah ini jadi tempat langganan pemotor masuk ke area trotoar. Titik selanjutnya ada di putaran balik U-turn seberang minimarket Circle K, ada 2 buah beton MCB terpasang.

Petugas berjaga di Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan.Petugas berjaga di Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan. (Wilda/detikcom)

(whn/aik)