Round-Up

Uang Bertaburan dari Edhy Prabowo ke Sespri Wanita Terungkap di Sidang

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 19 Mei 2021 06:32 WIB
Sidang Kasus Benur Edhy Prabowo
Foto: Sidang kasus suap ekspor benur (Arun/detikcom
Jakarta -

Taburan uang dari mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ke para sekretaris pribadinya terungkap. Uang itu diberikan Edhy ke Sesprinya sebagai hadiah pernikahan atau juga secara cuma-cuma.

Hal tersebut terungkap dalam sidang lanjutan kasus dugaan suap terkait izin ekspor benih lobster atau benur dengan terdakwa Edhy Prabowo. Sidang digelar di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa (18/5/2021).

Tiga Sespri yang dihadirkan adalah Anggia Tesalonika Kloer, Fidya Yusri, dan Putri Elok. Ketiganya menjadi sespri ketika Edhy masih menjabat, sedangkan sekarang sudah tak lagi bertugas sebagai sespri.

Aliran uang itu terungkap usai jaksa menanyakan soal ada tidaknya pemberian uang dari stafsus Edhy, , Andreau Misanta Pribadi yang juga terdakwa dalam kasus ini, kepada Putri Elok. Saksi pun mengaku pernah menerima uang pada Agustus 2020 saat baru sebulan bekerja sebagai sespri.

"Pernah sekitar Agustus (2020) itu di kantor. Waktu itu ketemu Fidya di toilet, Fidya bilang, 'Mbak Elok dipanggil ke ruang Bang Andreau'. Saya ke sana," kata Putri Elok dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat.

Putri Elok mengaku awalnya menolak pemberian uang dari Andreau. Namun, katanya, Andreau meyakinkan kalau uang itu buat 'adik-adik'.

"Waktu itu dikasih Bang Andreau. 'Ini uang apa' (tanya saya), kata Bang Andreau udah ambil aja. Awalnya nolak kan, (Andreau bilang) udah ambil aja, ini buat adik-adik," ujarnya.

Putri Elok saat itu juga diminta Andreau memanggil Anggia. Anggia juga disebut menerima uang Rp 5 juta dari Andreau.

"Tadi buat adik-adik saksi dikasih Rp 5 juta, saksi panggil Anggi, Anggi dikasih Rp 5 juta?" tanya jaksa.

"Nggak tahu, Anggi bilang kata Bang Andreau semua dapat. Akhirnya gara-gara semua dapat, berarti memang bukan buat saya saja," ucap Putri Elok.

Anggia, yang turut hadir menjadi saksi, membenarkan pemberian uang tersebut. Jumlah yang diterima Anggia juga sama senilai Rp 5 juta.

"Saat saya datang ke situ karena arahan Mbak Elok, 'Iya bang ada apa?'. (Akhirnya) kayak diberikan uang tersebut. Sama Rp 5 juta," jelas Anggia.

Fidya Yusri juga mengakui hal yang sama. Namun Fidya menerima uang tersebut melalui Anggia.

"Seingat saya Bang Andreau panggil saya ke ruangan. Pertamanya sama menolak karena saya tidak tahu yang dari mana. Namun setelah itu masuk ke ruangan itu belum saya ambil uangnya, saya tolak lalu saya masuk ke ruangan. Saya bertemu Mbak Elok, kata Bang Andreau suruh panggil juga. Mbak Elok dipanggil, Anggia dipanggil, terus sorenya Anggi tiba-tiba kasih titipan ke saya, ternyata itu dari Bang Andreau senilai sama seperti mereka nilainya Rp 5 juta," jelas Fidya.

"Tidak lama dari situ saya ucapkan terima kasih ke Bang Andreau," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Deretan Barang Mewah Edhy Prabowo-Istri, Diduga Terkait Suap Ekspor Benur"
[Gambas:Video 20detik]