Cerita Pemudik Bersepeda dari Depok ke Kendal Jateng, Lalui Penyekatan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 13:36 WIB
Pemudik bersepeda dari Depok ke Kendal
Pemudik bersepeda dari Depok ke Kendal, Jateng (Foto: dok. Istimewa/Foto diberikan oleh narasumber bernama Pulung)
Jakarta -

Pulung bersama 4 rekannya melakukan mudik dari Depok ke Kendal, Jawa Tengah menggunakan sepeda. Saat melawati pos penyekatan, bukan diputar balik, namun Pulung dan kawan-kawan didoakan polisi hati-hati di jalan dan semoga selamat sampai tujuan.

Pulung berangkat dari rumahnya di Sawangan, Depok pada Kamis (13/5) siang. Dia bersama 4 orang lainnya tiba di Kendal pada Minggu (16/5) siang.

"Ya lewat aja, polisi lambaikan tangan beberapa pos nggak semua pos, karena kadang-kadang posisinya ada di dalam, ada di malam hari. Tapi kalau ada di luar dia (polisi) mempersilakan, hanya bilang safety ya, jaga keselamatan, Hati-hati di jalan. Iya kurang lebih didoakan lah, bahasanya gitu," kata Pulung kepada detikcom, Selasa (18/5/2021).

Saat melakukan perjalanan, Pulung tak menyertakan surat bebas COVID-19 dari hasil tes antigen ataupun PCR. Mereka berangkat dalam kondisi fisik sehat untuk melakukan perjalanan.

"Nggak pakai, berlima kami hanya bilang aja pada sehat semua nggak? Sehat, ya sudah ayok. Kita yakinkan, orang kalau dia ngaku sehat tapi nggak sehat pasti goes 10 kilo aja sudah ngap-ngapan. Jadi nggak ada pakai tes dulu, antigen dulu atau PCR dulu nggak pakai gituan," kata dia.

Selama di perjalanan, Pulung terus berkomunikasi dengan komunitas sepeda di tiap-tiap daerah jika butuh pertolongan. Mereka juga bermalam di masjid ataupun pom bensin.

"Malam pertama kami nginap di masjid Cikampek, malam kedua nginap di Cirebon pom bensin yang ada masjidnya, ada warungnya," jelasnya.

"Malam ketiga kami dipaksa nginap di Federal Pekalongan, di rumah kawan, di Kota Pekalongan ada di Federal Pekalongan. Jadi kawan-kawan dari Federal Indramayu, Federal Pekalongan sampai Federal Kendal itu pada berkabar, kalau ada apa-apa di jalan hubungi aja, kita kan nggak bawa spare part yang banyak, paling ban dalam, tambal ban, kalau tiba-tiba putus rantai, ban luar sobek, itu kawan-kawan Federal siap bantu," kata dia.

Pemudik bersepeda dari Depok ke KendalPulung, pemudik bersepeda dari Depok ke Kendal (Foto: dok. Istimewa/Foto diberikan oleh narasumber bernama Pulung)

Jalur yang dilewati Pulung dan kawan-kawan adalah jalan utama. Dia mengaku tak pernah disetop polisi untuk dilakukan pemeriksaan.

"Di penyekatan pasti aman, nggak perlu lewat jalan tikus. Kami lewat jalan Pantura, kalau dari sana (Depok) lewat Kalimalang, Kalimalang ada penyekatan kami juga dibolehkan, ketemu Pantura Bekasi itu, ketemu Karawang terus sampai ke Cirebon, Kendal lewat Pantura aman semua, nggak disetop sama polisi, ditanya KTP dan sebagainya, nggak ada," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2