Polisi Pantau Ancol-TMII-Ragunan Via Udara, Begini Kondisinya

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 10:56 WIB
Pantauan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur (Jaktim) via udara dengan memakai Helikopter Bell 429, Minggu (16/5/2021)
Pantauan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur (Jaktim), via udara menggunakan Helikopter Bell 429, Minggu (16/5/2021). (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Polisi memantau sejumlah tempat wisata di DKI Jakarta. Pemantauan dilakukan dengan jalur udara.

Pemantauan ini dilakukan dengan memakai Helikopter Bell 429, Minggu (16/5/2021) dari sekitar pukul 09.20 WIB. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus ikut dalam pemantauan ini.

Kawasan pertama yang dipantau adalah Ancol di Jakarta Utara (Jakut). Tampak dari atas, tidak ada keramaian di tempat wisata Ancol.

Pantauan tempat wisata Ancol, Jakarta Utara (Jakut) via udara dengan memakai Helikopter Bell 429, Minggu (16/5/2021)Pantauan tempat wisata Ancol, Jakarta Utara (Jakut), via udara menggunakan Helikopter Bell 429, Minggu (16/5/2021). (Sachril/detikcom)

Semua wahana permainan dan perahu di Ancol tidak beroperasi. Pantai di Ancol pun kosong. Tidak ada satu pun orang yang terlihat di pantai ini. Hanya ada beberapa kendaraan petugas dan pengurus Ancol yang terlihat di dalam kawasan wisata ini.

Setelah mengecek Ancol, helikopter menuju Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan (Jaksel). Kondisi di dalam Ragunan sama seperti di Ancol: sepi. Tidak ada satu pun pengunjung di dalam kawasan Ragunan.

Jalanan di dalam Ragunan tampak sepi. Tidak terlihat juga ada petugas di dalam Ragunan.

Pantauan Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan (Jaksel) via udara dengan memakai Helikopter Bell 429, Minggu (16/5/2021)Pantauan Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan (Jaksel), via udara menggunakan Helikopter Bell 429, Minggu (16/5/2021). (Sachril/detikcom)

Sedangkan di pintu masuk Ragunan, ada beberapa petugas yang berjaga. Keramaian pengunjung yang mencoba masuk ke Ragunan tidak terlihat.

Polisi pun mengecek ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Seperti di Ancol dan Ragunan, TMII juga sepi pengunjung.

Pantauan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur (Jaktim) via udara dengan memakai Helikopter Bell 429, Minggu (16/5/2021)Pantauan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur (Jaktim), via udara menggunakan Helikopter Bell 429, Minggu (16/5/2021) (Sachril/detikcom)

Semua wahana dan tempat di TMII kosong. Tidak ada keramaian di tempat wisata ini.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup tempat wisata di Jakarta. Tempat wisata yang ditutup adalah Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), serta Taman Margasatwa Ragunan.

Penutupan ini bentuk evaluasi dari kerumunan yang ditimbulkan oleh masyarakat saat libur Lebaran. Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Gumilar Ekalaya dalam sebuah surat edaran yang diberikan kepada pengelola tiga tempat wisata itu.

Surat edaran itu tertanggal kemarin, Sabtu (15/5/2021). Ada dua poin yang disampaikan oleh Gumilar dalam suratnya.

Berikut ini bunyi surat yang ditujukan Gumilang ke tiga tempat wisata itu:

Berdasarkan hasil evaluasi peningkatan pengunjung pada tanggal 14 Mei 2021 dan tanggal 15 Mei, maka kepada pengelola Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), serta Taman Margasatwa Ragunan dengan ini disampaikan hal sebagai berikut:

1. Terhitung mulai tanggal 16 Mei 2021 sampai tanggal 17 Mei 2021 agar melakukan penutupan sementara tempat usaha dalam rangka penguatan protokol kesehatan

2. Kawasan usaha pariwisata akan dibuka kembali pada tanggal 18 Mei 2021.

Surat ini ditembuskan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wagub DKI A Riza Patria, dan sejumlah pejabat daerah.

Simak video 'Ragunan Tutup, Calon Pengunjung Kecewa Tak Dapat Info':

[Gambas:Video 20detik]



(sab/knv)