Ragunan Tutup Hari Ini, Wisatawan Diputar Balik

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 09:34 WIB
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan menutup sementara tempat wisata. Salah satu tempat wisata yang ditutup adalah Taman Margasatwa Ragunan.

Pantauan detikcom pukul 09.00 WIB, terlihat dari Pintu Utama Taman Margasatwa Ragunan banyak petugas mulai dari anggota Dishub, Satpol PP juga pihak kepolisian berjaga di depan pintu masuk. Mereka memberikan imbauan kepada pengunjung terkait penutupan Ragunan pada hari ini.

"Ragunan tutup hari ini, silakan kembali lagi pada Selasa, 18 Mei 2021," ujar petugas melalui pengeras suara di depan Pintu Masuk Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (16/5/2021).

Banyak pengunjung yang telah datang ke Taman Wisata Ragunan namun diputar balik oleh petugas. Banyak dari mereka yang menanggapi petugas dengan kekecewaannya. Dikarenakan hari ini merupakan hari libur terakhir bagi mereka yang bekerja.

Salah satu pengunjung Syaiful (30) yang turut membawa serta keluarganya tampak kecewa. Mereka tidak mengetahui informasi penutupan Ragunan tersebut.

"Iya nggak tahu informasinya ini padahal saya udah reservasi tiket di online. Kalau Selasa saya mah sudah kerja," kata Syaiful saat ditemui di depan Pintu Masuk Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (16/5/2021).

Komandan Regu Dishub Kecamatan Pasar Minggu Nasrullah mengatakan penutupan ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah kerumunan. Penutupan tidak hanya di Taman Margasatwa Ragunan, melainkan di seluruh tempat wisata yang ada di Jakarta.

"Ini semua ini tutup, Taman Mini, Ancol semua tutup," ucap Nasrullah saat ditemui.

"Alhamdulillah pengunjung juga banyak yang ngerti kalau disuruh putar balik," lanjutnya.

(gbr/gbr)