Kecewanya Warga Gagal Wisata ke Ancol karena Baru Tahu Ditutup

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 10:28 WIB
Ancol Ditutup
Ancol Ditutup Hari Ini (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah wisatawan kecewa tidak bisa masuk ke area wisata Ancol, Jakarta Utara (Jakut). Mereka tidak mengetahui terkait adanya penutupan.

Salah satunya adalah Ayu (24), calon pengunjung asal Kota Tangerang, Banten. Dia kecewa lantaran sudah datang sejak pagi, namun Ancol ternyata ditutup.

"Jam setengah 7. Iya sengaja pagi, soalnya kalau siang pasti rame. Tahunya ditutup," kata Ayu kepada detikcom di gerbang timur Ancol, Minggu (16/5/2021).

Ayu sendiri tidak mengetahui soal adanya penutupan hingga 17 Mei mendatang. Dia hanya mengetahui Ancol sudah mulai buka lagi hari ini.

"Tahunya tanggal 15 tutup, 16 sudah buka. Saya liat posting-an IG-nya. Pasti kecewa lah, udah jauh-jauh dari Tangerang. Udah jalan satu jam lebih," tuturnya.

Kekecewaan juga dirasakan oleh Sulisno (35), calon pengunjung asal Bojong, Jakut. Sulisno, yang menaiki sepeda motor membonceng istri dan kedua anaknya, terpaksa tidak jadi berwisata di Ancol.

"Dari jam setengah 7. Ya kecewa, karena baru tau pas di sini. Tahu infonya hari ini buka, eh pas sampe sini dapat info tutup, ya paling pulang lagilah," kata Sulisno.

"Kita paling cari alternatif lain, mumpung libur. Buat ngisi waktu bareng anak-anak. Lagian mau mudik susah juga kan kemarin," tambahnya.

Untuk diketahui, Pemprov DKI menutup tempat wisata di Jakarta. Tempat wisata yang ditutup adalah Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), serta Taman Margasatwa Ragunan.

Penutupan ini bentuk evaluasi dari kerumunan yang ditimbulkan oleh masyarakat saat libur lebaran. Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Gumilar Ekalaya dalam sebuah surat edaran yang diberikan kepada pengelola tiga tempat wisata itu. Surat edaran itu tertanggal kemarin, Sabtu (15/5/2021).

Simak video 'Pantai Ancol Senin Dibuka Kembali, Tapi Warga Dilarang Berenang':

[Gambas:Video 20detik]

(knv/knv)