Seluruh Dermaga ke Kepulauan Seribu Tak Layani Wisatawan Besok

Mei Amelia R - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 17:07 WIB
Pemkab Kepulauan Seribu menutup seluruh dermaga bagi para wisatawan pada Minggu 16 Mei besok
Pemkab Kepulauan Seribu menutup seluruh dermaga bagi para wisatawan pada Minggu, 16 Mei besok. (Foto: dok. Polres Kepulauan Seribu)
Jakarta -

Seluruh dermaga keberangkatan ke Kepulauan Seribu tidak melayani wisatawan pada Minggu (16/5) besok. Langkah ini diambil mengingat tempat wisata di Kepulauan Seribu sudah cukup padat.

"Iya, seluruh dermaga keberangkatan ke Kepulauan Seribu untuk Minggu (16/5) besok tidak melayani wisatawan, kecuali penduduk asli setempat," kata Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Eko Wahyu Ferdian saat dihubungi detikcom, Sabtu (15/5/2021).

Ada empat dermaga keberangkatan ke Kepulauan Seribu, yakni Dermaga Marina Ancol, Dermaga Kaliadem, Dermaga Rawasaban, dan Dermaga Tanjung Pasir. Pemberhentian kapal angkut penumpang bagi wisatawan disetop sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"Sebetulnya selama libur Lebaran saja, tapi minggu depan kan juga mungkin masih ada yang liburan," imbuhnya.

Eko menambahkan, Bupati Kepulauan Seribu telah mengeluarkan kebijakan terkait penghentian sementara wisatawan yang berangkat ke Kepulauan Seribu ini. Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Eko Wahyu Fredian mendukung penuh kebijakan Bupati Kepulauan Seribu tersebut.

"Berdasarkan surat yang kami terima dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu Nomor 1081/-1.77 terkait Pemberhentian Kapal Angkut Penumpang Pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 H tertanggal 15 Mei 2021, kami mendukung kebijakan dimaksud, dalam rangka menghindari terjadinya penularan COVID-19," tutur Eko.

Untuk hari ini, empat dermaga tersebut masih melayani wisatawan yang ke Kepulauan Seribu. Petugas telah membatasi angkutan kapal maksimal 50 persen dan tes swab bagi para wisatawan.

"Tapi wisatawan masih tinggi, hari ini saja masih terus berdatangan. Karena yang sudah di Kepulauan Seribu belum pada pulang, ditambah hari ini, jadi kapasitasnya sebetulnya sudah penuh, makanya besok ditutup," jelasnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2