Round-Up

Screening 2 Lapis Menuju Jakarta Menanti Pemudik Saat Arus Balik

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 20:12 WIB
H-10 Lebaran, arus lalu lintas di Tol Cikampek, terpantau lengang, Minggu (02/05/2021). Tidak terdapat antrean kendaraan karena adanya larangan mudik.
Tol Cikampek ke Jakarta (Rengga Sencaya/detikcom)

Anies mengatakan petugas di lapangan akan melakukan rapid antigen secara random kepada orang yang berada dalam kendaraan yang akan masuk ke Jakarta tersebut. Sementara bagi kendaraan umum, rapid antigen akan dilakukan di terminal-terminal pemberangkatan selama ini.

"Sehingga kota bisa mendeteksi secara lebih baik bila ada warga yang masuk kawasan Jakarta dan bergejala atau berpotensi membawa COVID-19," katanya.

Seusai pemeriksaan bagi kendaraan yang akan masuk Jakarta, lapisan pemeriksaan kedua akan dilakukan di basis komunitas. Anies mengatakan dalam hal ini kerja gugus tugas tingkat RT/RW akan dikedepankan.

"Jadi ketua RT, ketua RW gugus tugasnya akan melakukan monitoring sehingga seluruh warga yang datang akan dilakukan pemantauan dicek kondisinya dipastikan bahwa yang bersangkutan sehat dan tidak bergejala dan akan dilakukan pengetesan rapid test antigen," terang Anies.

"Jadi ini dua lapis untuk screening. Satu sebelum masuk dan kedua ketika sudah sampai di tempat tinggal," sambungnya.


(mae/rfs)