Pemudik yang Kembali ke DKI Akan Diperiksa Kesehatannya Dua Lapis

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 11:35 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai rakor dengan Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai rakor dengan Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pemeriksaan kesehatan dua lapis akan dilakukan kepada warga yang akan masuk ke Jakarta saat arus balik mudik. Anies bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman diketahui memang menggelar rapat koordinasi pagi tadi.

"Akan dilakukan dua langkah pengetatan pemantauan pergerakan penduduk yang masuk Jakarta," kata di Balai Kota Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Hasil rapat koordinasi terkait arus balik mudik, disepakati kebijakan dua lapis screening atau pemeriksaan warga yang akan masuk kembali ke Jakarta. Lapis pertama, kata Anies, akan dimulai di pintu masuk kendaraan yang menuju Jakarta.

"Pertama, melakukan screening di pintu-pintu masuk menuju Jakarta-Jabodetabek. Untuk kendaraan pribadi nanti akan dilakukan screening random bagi mereka yang masuk," ujar Anies.

Menurutnya, petugas di lapangan akan melakukan rapid antigen secara random kepada orang yang berada dalam kendaraan yang akan masuk ke Jakarta tersebut. Sementara bagi kendaraan umum, rapid antigen random telah dilakukan di terminal-terminal pemberangkatan selama ini.

"Sehingga kota bisa mendeteksi secara lebih baik bila ada warga yang masuk kawasan Jakarta dan bergejala atau berpotensi membawa COVID-19," katanya.

Usai pemeriksaan bagi kendaraan yang akan masuk Jakarta, lapisan pemeriksaan kedua akan dilakukan di basis komunitas. Anies mengatakan dalam hal ini kerja gugus tugas tingkat RT/RW akan dikedepankan.

"Jadi ketua RT, ketua RW gugus tugasnya akan melakukan monitoring sehingga seluruh warga yang datang akan dilakukan pemantauan dicek kondisinya dipastikan bahwa yang bersangkutan sehat dan tidak bergejala dan akan dilakukan pengetesan rapid test antigen," terang Anies.

"Jadi ini dua lapis untuk screening. Satu sebelum masuk dan kedua ketika sudah sampai di tempat tinggal," sambungnya.

Lihat juga Video: Nekat Hindari Penyekatan, 4 Pemudik di Sumbar Hanyut di Sungai

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/aud)