Info Terkini Mudik Lebaran 2021: Sembunyi di Bak Mobil-Lolos Penyekatan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 16:17 WIB
Seorang pemudik yang menggunakan sepeda motor menyiapkan surat jalan saat terjebak kemacetan di posko penyekatan mudik Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (10/5/2021). Polda Metro Jaya menambah jumlah petugas guna mengecek ribuan pemudik yang melintasi pos penyekatan perbatasan Bekasi -Karawang, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.
Pemudik memadati pos penyekatan Kedungwaringin, Bekasi (Foto: ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)
Jakarta -

Info terkini mudik lebaran 2021 datang dari sejumlah cerita-cerita unik yang terjadi di pos-pos penyekatan di berbagai daerah. Mulai diloloskannya para pemudik hingga aksi sembunyi di bak mobil guna mengelabui pemeriksaan petugas.

Diketahui pada hari kelima larangan mudik 2021, sejumlah pemudik masih berusaha nekat melewati pos-pos penyekatan. Kendaraan yang tidak sesuai dengan syarat pengecualian mudik diputarbalik.

Lantas bagaimana info terkini mudik lebaran 2021? berikut ulasannya

Pemudik Diloloskan

Info terkini mudik lebaran 2021 datang dari pos penyekatan mudik Kedungwaringin, Bekasi. Ratusan pemudik yang mencoba menerobos akhirnya diloloskan polisi untuk menghindari kerumunan.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan mengatakan pihaknya melakukan upaya diskresi dengan meloloskan pemudik ke arah Karawang agar tidak terjadi kerumunan di pos penyekatan.

"Nggak jebol, tapi diskresi, mengurai arus dan menghindari kerumunan," kata Kombes Hendra dalam keterangan kepada detikcom, Selasa (11/5/2021).

Para pemudik dibiarkan lewat tanpa pemeriksaan terlebih dahulu seperti yang sudah dilakukan sebelumnya usai diwarnai aksi sahut-sahutan bunyi klakson. Namun dipastikan akan dicek di pos pemeriksaan berikutnya.

"Jadi kita buka sementara namun kita koordinasi dengan Karawang, Purwakarta, Subang, Cirebon, daerah penyekatan lain untuk melakukan penyekatan kembali, tidak berarti kita lepas disini, disana tidak disekat ya," kata Hendra.

Hendra telah meminta jajarannya untuk berkoordinasi dengan pos penyekatan di Karawang, Purwakarta hingga Cirebon untuk melakukan penyekatan kembali.

Lolos Mudik Namun Wajib Karantina

Info terkini mudik lebaran 2021 juga datang dari Blitar. Delapan pemudik yang berhasil lolos sayangnya tetap tak bisa lebaran karena harus menjalani karantina.

Delapan orang yang berasal dari Kecamatan Binangun, Panggungrejo, Doko, Garum dan Kanigoro dijemput Satgas COVID-19 desa tak lama usai sampai.

Diketahui salah satu pemudik yang lolos, Ambarwati, menggunakan moda transportasi umum untuk sampai ke Blitar. Ia lolos lantaran membawa surat keterangan dari desanya bahwa ia akan menjenguk ibunya yang sakit. Nass, baru semalam tiba, Satgas COVID-19 menjemputnya.

"Sesuai surat edaran, setiap pemudik harus dikarantina dulu di desa selama lima hari. Dengan catatan, hasil tes antigennya negatif. Karena dia mudik padahal sudah dilarang, maka biaya karantina ditanggung sendiri oleh pemudik," kata Kades Tawangrejo, Rofiq saat dihubungi detikcom, Selasa (11/5/2021).

Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, skenario pengendalian mudik ada dua. Pertama, digelar operasi dan penyekatan di titik-titik batas daerah. Yang kedua, mengoptimalkan peran posko desa pada PPKM Mikro. Karena ini adalah penanganan COVID-19 berbasis mikro di tingkat bawah.

Pemudik Sembunyi di Bak Mobil

Aksi nekat lainya juga mewarnai info terkini mudik lebaran 2021 di Merak, Banten. Pemudik melakukan sejumlah cara untuk menerobos pemeriksaan petugas di pos-pos penyekatan, salah satunya dengan bersembunyi di bak mobil.

Dua orang pemudik terjaring operasi usai mencoba mengelabui petugas dengan bersembunyi di bak mobil pikap. Aksi nekat yang terjadi pada Selasa (11/5) sekitar pukul 02.00 WIB berhasil dicegat. Kendaraan mobil pikap yang hendak menuju Lampung diputarbalik karena tak melengkapi persyaratan perjalanan larangan mudik.

Lihat juga Video: Masih Banyak Kendaraan yang Diputarbalikkan di Kedungwaringin

[Gambas:Video 20detik]



(izt/dhn)