detikKultum Prof Nasaruddin Umar: Melestarikan Spirit Ramadhan

Kristina - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 04:08 WIB
Jakarta -

Bulan suci Ramadhan telah memberikan keberkahan bagi umat Islam. Bulan ini mengajarkan banyak hal tentang kehidupan khususnya dalam keluarga.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Nasaruddin Umar mengatakan, tantangan selepas bulan Ramadhan adalah melestarikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

"Tantangan kita (para pemirsa), mampu nggak kita melestarikan situasi berjamaah di meja makan, situasi dalam mengaji di mushola kecil kita, situasi kerja bakti di pagi pagi hari bersama dengan anggota keluarga kita, situasi makan sahur bareng dengan keluarga kita," kata Prof Nasaruddin dalam detikKultum detikcom, Selasa 11 Mei 2021.

Di antara nilai-nilai yang terkandung dalam bulan suci Ramadhan adalah nilai kerukunan dan kebersamaan. Kebersamaan ini kata Prof Nasaruddin, tertanam dalam ibadah yang dilakukan selama bulan puasa.

Lebih lanjut Prof Nasaruddin mengatakan, kebersamaan yang terjalin dalam anggota keluarga merupakan pengalaman batin yang tidak bisa kita tinggalkan. Hal inilah yang kemudian perlu dilestarikan di waktu-waktu yang akan datang.

Menurut Prof Nasaruddin spirit bulan Ramadhan merupakan cerminan dari keluarga sakinah, mawaddah, warahmah. Bulan ini juga mengajarkan umat Islam untuk tetap bersedekah walaupun dalam keadaan sulit.

Selengkapnya detikKultum bersama Prof Nasarudin Umar: Melestarikan Spirit Ramadhan tonton DI SINI.

(erd/erd)