detikKultum Prof Nasaruddin Umar: Jauhi Spiritual Scandal

Kristina - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 04:20 WIB
Jakarta -

Apa yang nampak secara lahir belum tentu benar secara batin. Begitupun sebaliknya. Maka, dibutuhkan sikap hati-hati dalam menilai suatu perbuatan seseorang.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Nasaruddin Umar mengatakan, sekecil apapun perbuatan baik seseorang bisa jadi itulah yang membawanya ke surga.

Begitupun sebaliknya, sebesar apapun ilmu atau pengetahuan yang dimiliki namun jika ada kesombongan terlebih mudah menilai seseorang dari perbuatannya saja, bisa jadi itulah yang membawanya ke neraka. Ia menyebutnya sebagai spiritual scandal.

"Jangan sampai kita itu masuk ke dalam sebuah klaim bahwa kita itu adalah penghuni surga, padahal Allah yang menentukan," kata Prof Nasaruddin dalam detikKultum detikcom, Minggu 9 Mei 2021.

Skandal spiritual bisa menyebabkan jatuhnya makhluk dari langit kebahagiaan ke dalam penderitaan. Salah satunya manusia karena ego dan hawa nafsunya.

Prof Nasaruddin mengatakan, penyebab terbesarnya tidak lain adalah ego spiritual. Seringkali manusia terlalu larut dan membanggakan hubungannya dengan Tuhan tanpa mempedulikan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Ia mencontohkannya lewat suatu kisah seorang wanita yang mendatangi salah satu majelis milik ulama terkenal. Wanita tersebut ingin belajar di majelisnya. Namun, ulama tersebut tidak menerimanya karena ia tahu bahwa wanita yang mendatanginya sering melakukan kemaksiatan. Bagaimana kelanjutannya?

Selengkapnya detikKultum bersama Prof Nasarudin Umar: Jauhi Spiritual Scandal tonton DI SINI.

(erd/erd)