Mobil Pria Ngaku Jenderal Kekaisaran Sunda Nusantara Teregister Pelat 'B'

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 15:18 WIB
Jakarta -

Polisi telah melakukan cek fisik mobil Mitsubishi Pajero bernopol SN-45-RSD yang dikemudikan Rusdi Karepesina (55), yang mengaku jenderal muda negara 'Kekaisaran Sunda Nusantara'. Dari hasil pengecekan, diketahui kendaraan tersebut teregister sebagai kendaraan pelat 'B'.

"Kendaraan tersebut sudah kami cek terdaftar dengan nomor polisi B, jenis kendaraan Pajero Sport," kata Kasat Patwal Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Akmal saat dimintai konfirmasi, Rabu (5/5/2021).

Saat diperiksa polisi, Rusdi Karepesina menunjukkan STNK tak resmi. Sama halnya dengan STNK, SIM milik Rusdi Karepesina juga tidak resmi.

Akmal belum memerinci lebih jauh terkait identitas kendaraan tersebut yang terdaftar resmi di kepolisian. Dia menyebut pihaknya akan menggelar konferensi pers kasus itu sore ini.

"Nanti sore ini di gedung Patwal pukul 15.00 WIB akan diekspos Pak Dirlantas," imbuh Akmal.

Polisi telah menyita kendaraan yang dikemudikan oleh Rusdi Karepesina. Selain Rusdi, pihaknya mengamankan satu pria lain yang juga mengaku sebagai warga Negara Kekaisaran Sunda Nusantara.

Sejauh ini polisi telah melakukan sanksi tilang kepada Rusdi Karepesina. Pelaku diketahui melanggar UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 280 tentang nomor polisi dan Pasal 288 tentang tidak bisa menunjukkan surat keterangan kendaraan.

"Tindak lanjut lainnya kami koordinasi dengan rekan-rekan di Reskrim untuk apa ada tindak pidana lain," ujar Akmal.

Untuk diketahui, polisi menilang pengemudi kendaraan bernomor polisi SN-45-RSD yang dikendarai oleh pria bernama Rusdi Karepesina (55) di Tol Cawang. Pria tersebut mengaku sebagai jenderal muda di Kekaisaran Sunda Nusantara.

Saat diperiksa, pengemudi tersebut diketahui memiliki SIM dengan keterangan 'Negara Kekaisaran Sunda Nusantara'.

Dari foto yang diterima detikcom, SIM pengemudi tersebut bertuliskan 'Negara Kekaisaran Sunda Nusantara'. Di foto itu juga tertera keterangan Surat Kelayakan Mengemudi (SKM) dengan masa berlaku seumur hidup dan berlaku secara internasional.

Pengemudi bernama Rusdi Karepesina (55) ini diketahui merupakan warga kelahiran Ambon. Dalam keterangan SKM miliknya, Rusdi diketahui memiliki jabatan sebagai Jenderal Pertama TKSN/ Imperial Army of Sunda Arhipelago.

Polisi menilang kendaraan Rusdi di Tol Cawang hari ini. Kasat Patroli Jalan Raya Kompol Akmal mengatakan pihaknya memberhentikan mobil pelaku karena melihat nomor kendaraan tidak sesuai aturan yang berlaku.

(mea/fjp)