Sopir 'Negara Kekaisaran Sunda Nusantara' Ngaku Berpangkat Jenderal

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 13:39 WIB
Jakarta -

Polisi menilang pengemudi bernama Rusdi Karepesina (55) di Tol Cawang lantaran pelat nomor mobilnya tidak sesuai aturan. Pengendara mobil bernopol SN-45-RSD yang mengaku dari 'Negara Kekaisaran Sunda Nusantara' ini berpangkat jenderal.

Kasat Patroli Jalan Raya Polda Metro Jaya Kompol Akmal mengatakan, saat diamankan, ada dua pria di dalam kendaraan itu. Keduanya mengaku sebagai warga Kekaisaran Sunda Nusantara.

"Dia ngakunya warga Kekaisaran Sunda Nusantara. Kaya Sunda Empire gitu," kata Akmal saat dihubungi detikcom, Rabu (5/5/2021).

Dari foto yang diterima detikcom, pengemudi bernama Rusdi Karepesina ini merupakan warga kelahiran Ambon. Dalam foto keterangan tersebut, tertulis jabatan jenderal yang dimiliki oleh Rusdi.

"Jenderal Pertama TKSN/ Imperial Army of Sunda Archipelago," demikian keterangan di foto.

Mobil Pajero berpelat biru dengan nopol SN-45-RSD ditilang polisiMobil Pajero berpelat biru dengan nopol SN-45-RSD ditilang polisi (Dok. Polda Metro Jaya)

Menurut Akmal, pihaknya belum dapat memastikan adanya gangguan jiwa pada kedua pria tersebut. Dia mengatakan keduanya masih menjalani pemeriksaan.

"Itu belum dipastikan (gangguan jiwa). Yang jelas kita amankan dua orang semuanya mengaku warga negara Kekaisaran Sunda Nusantara. Dua pria. Ini kan ada semacam KTP-nya, nih," pungkas Akmal.

Sebelumnya mobil tersebut ditilang di Tol Cawang arah Bogor siang tadi. Polisi menyetop mobil tersebut karena pelat nomor kendaraan tidak sesuai ketentuan yang berlaku.

(mei/isa)