Round-Up

Banjir Kecaman untuk Ulah Remaja Masjid Tarik Masker Jemaah

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 07:38 WIB
Majid usir warga di Bekasi
Remaja masjid di Bekasi bentak-bentak dan tarik paksa masker jemaah (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Sikap kasar remaja Masjid Al Amanah, Medan Satria, Kota Bekasi yang membentak-bentak hingga menarik paksa masker seorang jemaah, Roni Oktavian, tuai kecaman. Banyak pihak yang meminta agar remaja tersebut ditindak tegas.

Sikap kasar remaja masjid itu terungkap usai kasus jemaah Masjid Al Amanah dilarang bermasker disorot berbagai pihak. Video yang menunjukkan sikap kasar remaja masjid itu kemudian beredar dan dibagikan akun Twitter @kurawa.

Akun @kurawa mengunggah utas yang menceritakan pertemuannya dengan Roni Oktavian. Di unggahan nomor 12, dia menyertakan video masker Roni Oktavian direbut pemuda berbaju merah yang disebut bernama Nawir. Keduanya terlibat ketegangan terlebih dahulu.

"Mau lu apa? Buka masker apa susahnya!" kata pemuda yang disebut bernama Nawir itu sembari menunjuk-nunjuk Roni.

"Lu percaya nggak ama Al-Qur'an, gua tanya, lu percaya nggak sama ayat Qur'an?" cecar Nawir.

Di tengah keributan itu, ada pemuda berbaju batik lengan pendek dengan tas di dadanya yang mencoba menengahi. Masker sempat menggantung di dagu pria itu. Dia menahan Nawir yang terus maju ke arah Roni Oktavian.

Namun Nawir tetap membentak-bentak Roni. Nawir kembali menunjuk-nunjuk Roni.

"Mau lu apa? Kalo lu nggak mau keluar, lu ikutin peraturan di sini!" ujar Nawir.

Roni Oktavian sempat menjawab Nawir. Sejurus kemudian, Nawir bereaksi dengan menarik dan membanting masker Roni. Roni yang dari tadi duduk, kemudian bangkit namun dia ditenangkan wanita di dalam video itu.

Kecaman kemudian datang dari berbagai pihak. Salah satunya datang dari Dewan Masjid Indonesia (DMI). DMI pun menilai remaja yang bersikap kasar tersebut perlu ditindak tegas.

"Menurut saya, di tengah situasi yang sangat sulit ini kasus melonjak harus ada tindakan tegas dong, biar jadi pembelajaran," kata Ketua Departemen Kaderisasi Pemuda dan Remaja Masjid DMI, Muhammad Arief Rosyid Hasan, saat dihubungi, Selasa (4/5/2021).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Ini Alasan DKM Masjid yang Larang Jemaah Salat Pakai Masker

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2