Remaja Masjid Buka Paksa Masker Jemaah, Kemenkes Wanti-wanti Aturan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 16:29 WIB
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr Siti Nadia Tarmizi
Siti Nadia Tarmizi (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Aksi remaja Masjid Al Amanah, Bekasi, memaksa jemaah membuka masker mendapat kecaman dari sejumlah pihak. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) turut buka suara dan meminta pengurus masjid menaati aturan saat pandemi Corona.

"Ini kemarin sudah ditangani Satgas Kota Bekasi untuk mengingatkan pengurus mematuhi aturan yang sudah ditetapkan," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi, Selasa (4/5/2021).

Siti Nadia meminta pengurus masjid mengikuti pedoman beribadah yang telah dikeluarkan oleh Kemenag. Siti Nadia juga menegaskan aturan mengenai beribadah saat bulan Ramadhan juga telah dikeluarkan lewat fatwa MUI.

"Kita tahu sudah ada aturan SE 3/2021 dari Kemenag dan fatwa MUI. Tentunya ini jadi pedoman kita semua dalam pelaksanaan ibadah di masa pandemi ini," tutur dia.

Imbas peristiwa pelarangan masker ini, Siti Nadia meminta Satgas COVID-19 tingkat kelurahan melakukan pengawasan. Dia meminta pengawasan dilakukan secara ketat.

"Penguatan aturan kepada para Kepala Satgas perlu dilakukan dan pengawasan pelaksanaan Satgas posko pada tingkat kelurahan dan desa perlu diperkuat," jelasnya.

Diketahui aksi pengurus masjid yang mengusir jemaah bermasker ramai disorot. Kini beredar video masker Roni Oktavian, jemaah yang dibentak-bentak, direbut lalu dibanting pemuda berbaju merah.

Lihat juga Video: Ini Alasan DKM Masjid yang Larang Jemaah Salat Pakai Masker

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2