Duduk Perkara Mahasiswa Demo Hardiknas Berujung Status Tersangka

ADVERTISEMENT

Round-Up

Duduk Perkara Mahasiswa Demo Hardiknas Berujung Status Tersangka

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 22:05 WIB
Gedung Densus 88 Polda Metro Jaya
Markas Polda Metro Jaya (Ari Saputra/detikcom)

Dijerat UU Wabah

Yusri mengatakan para tersangka dijerat UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular serta Pasal 216 ayat 1 dan Pasal 218 KUHP dengan ancaman 4 bulan penjara.

"Pagi tadi sudah kembali semuanya. Ada yang bilang ditahan, nggak ditahan. Ancamannya 4 bulan itu 216, 218. Kemudian di Undang-Undang Wabah Penyakit di Undang-undang Nomor 4 juga sama. Tidak dilakukan penahanan, tetapi prosesnya berjalan," kata Yusri.

Ada Ajakan

Yusri mengatakan, dari 9 tersangka itu, tidak seluruhnya adalah mahasiswa. Ada juga peserta aksi yang merupakan bagian dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI). Polisi juga memeriksa ponsel para tersangka dan menemukan adanya ajakan ke massa buruh untuk ikut demo.

"Bukan semuanya mahasiswa (ikut demo) Hardiknas ini, bukan. Bahkan ada yang memanggil (untuk ikut aksi) di sini. Setelah kita buka, kita periksa di handphone-nya, dia yang mengajak," kata Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (4/5/2021).

"'Ayo teman-teman KASBI untuk kumpul semuanya, kita gabung semua di sini. Buru-buru semuanya di sini hadir'. Makanya ini tidak semuanya mahasiswa," Yusri menirukan kembali seruan aksi tersebut.

Halaman selanjutnya, BEM UI jelaskan kronologi penangkapan

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT