Pasar Tanah Abang Berjubel, Pemprov DKI Ringkas 20 Pintu Masuk

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 02 Mei 2021 11:37 WIB
Jakarta -

Pusat grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, tumpah ruah oleh para pengunjung yang berbelanja keperluan Lebaran. Berangkat dari itu, Pemprov DKI akan meringkas 20 pintu masuk di semua blok Pasar Tanah Abang.

"Hari ini ada beberapa titik di Pasar Tanah Abang, tadi sudah kita sepakati dan masing-masing pimpinan pasukan nanti akan mendapatkan pasukan yang terkait ini di Pasar Tanah Abang yang kira-kira lebih dari 20 pintu, lebih dari 20 nanti akan kita ringkas menjadi beberapa pintu strategis yang nanti ditunggu atau di sana nanti ditugaskan beberapa pasukan kita untuk menjaga sirkulasi," kata Sekda DKI Marullah Matali dalam sambutan apel pengamanan Pasar Tanah Abang di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/2/2021).

Marullah menerangkan, seluruh aparat gabungan akan melakukan pengendalian jika kondisi pengunjung pasar melebihi kapasitas dari semestinya. Marullah meminta seluruh aparat bisa tegas dan tanpa ragu melakukan penindakan.

"Manakala nanti di pasar sudah penuh atau kapasitasnya itu 50 persen dari yang biasa, maka nanti akan ada isyarat untuk melakukan pengendalian-pengendalian. Hal yang lain adalah bahwa penegakan protokol kesehatan pada kesempatan ini saya minta harus tegas dan tanpa ragu meskipun harus didahulukan humanis," tuturnya.

Marullah mengingatkan kepada aparat gabungan untuk memberikan teguran jika ada yang melanggar terkait protokol kesehatan di pasar. Bahkan, kata Marulli, sanksi tegas bisa dilakukan sesuai dengan Instruksi Mendagri dan peraturan daerah.

"Jadi untuk itu bila ada pelanggaran-pelanggaran harus ada peneguran-peneguran sampai pemberian sanksi yang tegas sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 09 Tahun 2021 dan Perda Nomor 2 Tahun 2020 serta Pergub Nomor 3 Tahun 2021," ungkapnya

Simak selengkapnya pada halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2