Warga Tak Bermasker Dilarang Masuk Pasar di Jakarta!

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 02 Mei 2021 03:32 WIB
Pasar Tanah Abang ramai dikunjungi pengunjung, Sabtu (1/5/2021) siang
Foto: Pasar Tanah Abang ramai dikunjungi pengunjung, Sabtu (1/5/2021) siang (Fathan/detikcom)
Jakarta -

Kerumunan di Pasar Tanah Abang menjadi perhatian serius Pemprov DKI Jakarta. Menjelang Lebaran, Pemprov DKI Jakarta akan memperketat pengawasan.

Satgas Covid-19 DKI akan ditempatkan di seluruh pasar di Ibu Kota. Warga yang tidak bermasker akan dilarang memasuki area pasar.

"Kita akan mengantisipasi segala potensi terjadinya lonjakan kasus aktif, seperti kegiatan di setiap pasar menjelang Lebaran Idul Fitri. Mulai hari ini hingga seterusnya, kita akan menempatkan satgas COVID-19 untuk mengatur pengunjung dan menertibkan pelanggar protokol kesehatan. Intinya, setiap pengunjung dilarang memasuki area pasar jika tidak mengenakan masker," ujar Sekda Provinsi DKI Jakarta, Marullah Matali, dalam keterangannya, Minggu (5/2/2021).

Dirut Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin,mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi secepatnya. Terutama untuk penanganan kerumunan dan protokol kesehatan di Pasar Tanah Abang yang kerap ramai menjelang Lebaran.

"Kita akan bergerak cepat, dan tidak ada tawar-menawar terkait pelaksanaan protokol kesehatan. Kita tegaskan bahwa tidak ada pelarangan untuk berbelanja di pasar. Kita hanya akan mengatur kembali skema pengawasan, agar tidak terjadinya kerumunan yang berpotensi menciptakan klaster baru di area pasar," tutur Arief.

Arief akan mengatur teknis penempatan petugas di pasar. Hal itu untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran protokol kesehatan.

"Kita menegaskan bahwa 'zero tolerance' bagi pedagang dan pengunjung yang melanggar aturan prokes saat memasuki pasar. Ini tidak hanya di Tanah Abang, tapi di seluruh pasar akan kita tindak bagi yang melanggar," Imbuh Arief.

Seperti diketahui, Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat, ramai didatangi pengunjung Sabtu (1/5) siang. Para pengunjung tersebut berbelanja sambil berdesak-desakan tanpa jaga jarak.

Di blok A dan Blok B Pasar Tanah Abang, Jakpus, para pengunjung terlihat berdesak-desakan. Mereka berbelanja dalam rangka persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, pun telah menyesalkan adanya kerumunan masyarakat di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dia memohon kesadaran masyarakat agar mentaati protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.

"Satgas memohon kesadaran masyarakat untuk menghindari tempat-tempat yang berpotensi kerumunan seperti ini," kata Wiku saat dihubungi detikcom, Sabtu (1/5/2021).

(isa/isa)