detikcom Do Your Magic

Warga Setuju Jembatan Kota Paris Jadi Taman, Ingatakan Soal Pemeliharaan

Afzal Nur Iman - detikNews
Kamis, 29 Apr 2021 17:54 WIB
Barier untuk halangi akses tawuran dipasang di Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat
Foto: Afzal Nur Iman/detikcom
Jakarta -

Warga sekitar Jembatan Kota Paris, Johar Baru, setuju dengan rencana Wali Kota Jakarta Pusat menjadikan jembatan tersebut sebagai taman. Agar tetap indah, warga mengingatkan soal pemeliharaan.

"Kalau mau bikin taman, dipercantik, ya bagus juga sih, jadi ada pemandangan, biar bagus dilihat. Jangan sampai udah dibikin tidak ada pemantauan, pemeliharaan, itu yang kadang suka jadi jelek ke depannya," kata Ketua RT 01 RW 06, Kampung Rawa, Johar Baru, Jakarta Pusat, Maman Hermana, saat dihubungi, Kamis (29/4/2021).

Namun, Maman mengaku belum mendapat informasi terkait hal tersebut. Menurutnya, keinginan warga agar jembatan tersebut dirobohkan juga tidak mutlak, yang penting ada antisipasi terkait masalah tawuran.

"Kalau keinginan warga memang sih dirobohin tapi memang keinginan warga nggak mutlak 100% itu ya, mungkin warga mah manut-manut aja gimana pemerintah mengatasinya aja ya," jelasnya.

Maman menjelaskan sebenarnya masih ada pro dan kontra di kalangan warga terkait keinginan merobohkan jembatan. Namun secara pribadi dia masih ingin jembatan tersebut ditutup sebagai akses jalan.

"Yang penting ditutup aja, yang penting nggak ada akses," tambahnya.

Menurut Maman, jembatan tersebut kerap menjadi akses tawuran bukan karena kurang fasilitas pengamanan, tapi memang karena akses yang strategis. Meski penerangan dinilai cukup dan sudah terdapat CCTV, tapi tetap saja jembatan tersebut lebih sering jadi akses tawuran dibanding enam jembatan yang lain.

"Mungkin itu jalan yang terdekat dia mau mutar, kalau di sana mungkin jauh, emang ada tujuh tapi kan akses yg terdekat jembatan itu," jelasnya.